Sekilas Info

HARI AIDS

Direktur CCI Nilai Kondisi ODHA di Maluku Semakin Membaik

satumalukuID/Doc. Clerry Cleffy Institute

satumalukuID - Direktur Clerry Cleffy Institute, Dwi Prihandini, menilai kondisi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Maluku semakin membaik secara umum dibandingkan sebelumnya, dan artinya telah ada role mode atau figur-figur dalam kelompok serta komunitas mereka tang dapat dijadikan panduan ketika mereka mengalami kondisi-kondisi buruk yang tidak terelakkan.

“Sebagai contoh, semakin banyak orang-orang di Komunitas Rumah Beta Maluku yang mampu mendukung teman-teman, yang baru ikut bergabung dalam komunitas ini, disamping peran figur yang lebih percaya diri dalam menangani kasus demi kasus di komunitas mereka,” ungkap Dwi, saat dihubungi oleh satumaluku.ID melalui sambungan telepon, Selasa (1/12/2020).

Dwi katakan, dalam memperingati Hari AIDS 1 Desember 2020, CCI bersama Rumah Beta Maluku dan Yayasan Inayana, mengadakan bakti sosial ke Lapas Perempuan dan Lapas Anak, dengan bentuk dukungan berupa peralatan mandi.

“Kami berikan sabun, odol, sikat gigi, shampoo, juga sabun cuci. Ditambahkan handuk dan makanan kering atau biskuit, untuk teman-teman di Lapas Perempuan kami tambahkan pembalut wanita,” paparnya.

Dwi juga menyampaikan jika, teman-teman ODHA memerlukan dukungan moril, materil serta spiritual. Dukungan moril diperlukan agar teman-teman merasa tidak sendiri, meningkatkan rasa percaya diri dan self esteem mereka.

“Termasuk menumbuhkan sikap optimis dalam menjalani kesehariannya, dukungan materil dibutuhkan dalam kaitan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, menumbuhkan kemandirian usaha ekonomi kreatif dan lain sebagainya,” terang Dwi.

Dia menambahkan, untuk dukungan secara spiritual dibutuhkan dalam kaitan mendampingi teman-teman menyembuhkan luka-luka batin yang timbul sebagai dampak dari status ODHA maupun ADHA.

“Tidak hanya sebatas itu, dukungan spiritual juga dibutuhkan untuk menumbuhkan pertumbuhan paska trauma atau post traumatis growth, dan saya berharap tentunya semakin banyak teman-teman yang berani bersuara. Sehingga dapat menginspirasi dan menguatkan teman-tenan yang masih takut untuk mencari serta mendapatkan pengobatan,” harapnya.

Dia menambahkan, harapannya teman-teman ODHA dan ADHA semakin berdaya secara ekonomi dan menjadi pribadi yang mandiri dan otentik.

“Di saat pandemi covid-19 saat ini, saya berpesan khusus untuk ADHA agar tetap patuhi protokol kesehatan, di mana pun berada, serta luangkan waktu untuk berolahraga atau melakukan hal-hal yang positif, yang berdampak bagi lingkungan sekitar rumah. Misalnya membantu orang tua bersihkan sekitar rumah. Terus asah potensi, minat dan bakat sebagai penunjang menjadi pribadi mandiri dan otentik,” pesannya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!