Sekilas Info

Ledakan Covid-19 di Kepulauan Tanimbar, 87 Orang Terpapar, Satu Meninggal di Tual

satumalukuID/Husen Toisuta Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang.

satumalukuID- Ledakan penularan virus korona atau Covid-19 terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar hari ini Kamis (26/11/2020). 87 orang ditemukan terpapar. Sementara seorang pasien perempuan di Kota Tual berinisial KAS, meninggal dunia.

Terjadinya ledakan atau penambahan besar kasus konfirmasi virus mematikan itu setelah dilakukannya swab massal di kantor-kantor pemerintah.

"Dari 179 specimen, 87 dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19," ungkap Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang.

Kasrul mengaku, selain ledakan yang terjadi di Tanimbar, kabar duka juga menyelimuti penanganan korona di Maluku. Sebab, wanita 44 tahun asal Tual tutup usia.

"KAS (44), perempuan asal Tual meninggal dunia. Nomor kasus akan diumumkan kemudian," tambahnya.

Selain Tanimbar, kasus terkonfirmasi korona juga ditemukan di Kota Ambon sebanyak 12, Tual 1, Kabupaten Maluku Tengah 3, dan Seram Bagian Barat (SBB) 1 orang.

Data Satgas Penanganan Covid-19 Maluku juga mencatat hari ini ditemukan 104 orang warga tertular korona.

"Total konfirmasi 4.428. Ada penambahan 104 kasus baru. 12 dari Ambon, 3 Maluku Tengah, 1 Tual, 1 SBB, dan 87 orang dari Tanimbar," katanya.

Selain kasus konfirmasi, sebanyak 9 warga Maluku yang berasal dari Ambon 5, Maluku Tenggara 3 dan Kepulauan Aru 1 orang sudah dinyatakan sembuh.

"Kalau sembuh tambah 9 orang menjadi 3.755 orang. Meninggal dunia 60 orang dan yang masih dalam perawatan bertambah menjadi 612 orang," sebutnya.

Dari 612 orang pasien korona yang kini sedang dirawat tersebar di Kota Ambon: 368 pasien, Kabupaten Buru: 22 pasien, Maluku Tengah: 114 pasien, Seram Bagian Barat: 3 pasien, Seram Bagian Timur: 1 pasien, Maluku Barat Daya: 11 pasien, Kepulauan Tanimbar 92 pasien dan Kepulauan Aru: 1 pasien.

Kasrul yang juga sebagai Sekretaris Daerah Maluku ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu melawan pandemi Covid-19, saling mendukung dan menjaga untuk NKRI.

"Senantiasa mentaati protokol kesehatan seperti menjaga jarak ketika bertemu, jangan bersentuhan, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan gunakan masker di kerumunan," pintanya.

Baca Juga

error: Content is protected !!