Sekilas Info

Jenderal Baharudin Djafar Dianugerahi Warga Kehormatan Kota Ambon

satumalukuID- Siapa yang tak kenal dengan Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar. Mantan Kapolda Maluku itu dikenal sebagai pemimpin yang sangat sederhana. Kini, dia dianugerahi warga kehormatan Kota Ambon, Selasa (25/11/2020).

Jenderal bintang dua Polri ini mengakihiri masa tugasnya sebagai Kapolda Maluku pada Jumat (21/11/2020) lalu. Penggantinya adalah Irjen Pol. Refdi Andri.

Selama bertugas di Maluku, dia sukses menenangkan masyarakat dengan pendekatan iman keagamaan. Tidak sampai setahun kepemimpinannya, tapi kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sangat kondusif.

Baharudin dilantik Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolda Maluku pada 11 Februari 2020 lalu. Banyak program kerja sukses dibuat pria kelahiran Ujung Pandang, Sulawessi Selatan tersebut.

Atas jasanya kepada Maluku, khususnya Kota Ambon, mantan Kapolda Sulawessi Barat itu dinobatkan sebagai warga kehormatan Kota Ambon melalui sidang paripurna khusus yang dipimpin Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisuta di ruang rapat paripurna DPRD Kota Ambon.

Penobatan pria kelahiran tahun 1963 silam itu turut dihadiri Ustadz kondang Dasad Latief, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Wali Kota Ambon Syarief Hadler, Forkopimda Kota Ambon, seluruh Anggota DPRD Ambon dan para Tokoh Agama.

Dinobatkannya mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini sebagai warga kehormatan dibuka oleh Ketua DPRD Kota Ambon dan dilanjutkan pembacaan SK Penganugerahan Warga Kehormatan oleh Sekretaris Dewan, E. Silooy.

Wali Kota Ambon mengatakan, Baharudin Djafar, pantas mendapatkan penghargaan ini. Beliau bukan orang Ambon tapi beliau seperti orang Ambon. "Beliau sangat religius, tegas dan terhormat," kata Richard.

Di tempat yang sama, Baharudin Djafar, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya dalam melaksanakan tugas di Maluku dan khususnya di Kota Ambon.

"Kami juga memohon diri kepada seluruh warga Kota Ambon untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru di Mabes Polri," tandasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!