Sekilas Info

SERTIJAB KAPOLDA

Tongkat Komando Kapolda Maluku sudah Resmi Dialihkan kepada Irjen Pol Refdi Andi

Foto: Ist Irjen Pol Baharuddin Djafar (kiri), Kadensus 88 Polri Irjen Pol Marthinus Hukom (tengah) dan Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andi berfoto bersama seusai Sertijab Kapolda di Mabes Polri, Jumat (20/11/2020).

satumalukuID – Jabatan Kapolda Maluku saat ini telah resmi beralih dari Irjen Pol Baharuddin Djafar kepada Irjen Pol Refdi Andi. Seremoni peralihan tongkat komando Kapolda Maluku dilakukan di Jakarta dipimpin Kapolri Jenderal Idham Azis, Jumat (20/11/2020).

Serah terima jabatan Kapolda Maluku dilaksanakan bersamaan dengan tujuh Kapolda lain yang menjalani mutasi terkait TR Kapolri Nomor 3222 pada tanggal 16 November 2020.

“Jadi hari ini diserahterimakan ada delapan jabatan kapolda," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri,Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Dengan adanya sertijab tersebut, praktis Irjen Baharuddin Djafar bertugas sebagai Kapolda Maluku selama 10 bulan yakni sejak Februari 2020. Saat itu dia menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa yang menjalani tugas Kapolda Maluku selama 1,6 tahun.

Irjen Pol Baharuddin Djafar selanjutnya akan menjalani tugas baru sebagai Analis Utama Baharkam Polri. Bulan Januari 2021, lulusan Akpol 1986 ini akan memasuki usia pensiun sebagai perwira tinggi Polri yakni 58 tahun.

Sementara itu, Kapolda Maluku yang baru Irjen Pol Refdi Andi sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri. Lulusan Akpol 1987 ini dikenal sebagai salah satu jenderal polisi yang berpengalaman dalam bidang lalu lintas dan pernah menjabat Kakorlantas Polri.

Terkait sertijab, Awi mengatakan, Kapolri meminta para kapolda yang baru menjabat segera mempersiapkan personel untuk mengamankan jalannya Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020.

"Kapolri juga menekankan kepada para kapolda untuk memastikan seluruh anggota, untuk menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020," jelas dia.

Selain itu, lanjut Awi, Kapolri juga menginstruksikan kesiapan personel dalam pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 2021. Terlebih dalam situasi pandemi virus Corona atau Covid-19.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!