Sekilas Info

BUDAYA MALUKU

Museum Siwalima Ambon Memikat Pengunjung dengan Berbagai Kreativitas Tradisional Maluku

Koleksi sejarah dan budaya di Museum Siwalima (wikipedia)

Permainan tradisional

Tidak hanya pameran, upaya untuk tetap menjaga eksistensi atau keberadaan Museum Siwalima sebagai objek wisata budaya juga dilakukan pengelola dengan menggelar permainan tradisional masyarakat Maluku.

Dalam rangka memeringati Hari Museum Indonesia ke-5 tanggal 12 Oktober 2020, pengelola Museum Siwalima menyelenggarakan lomba permainan tradisional egrang batok untuk tingkat Sekolah Dasar dan lompat karung untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kegiatan itu sendiri disebut sejalan dengan tugas fungsi museum untuk mendokumentasikan dan melestarikan benda alam dan buatan manusia.

Menurut Jean, permainan tradisional merupakan permainan yang dilakukan dengan berpegang teguh pada norma, adat kebiasaan, yang sudah ada secara turun temurun dan bisa menciptakan rasa senang dan riang gembira bagi anak-anak yang melakukan permainan tersebut.

Masyarakat Indonesia sejak dulu sampai saat ini biasanya memanfaatkan bahan alam untuk menciptakan alat permainan dan mereka melakukan permainan ini secara bersama atau beramai- ramai.

Lomba permainan tradisional diharapkan dapat mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal orang Indonesia di era negara tanpa batas dewasa ini, akibat globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang tidak hanya berdampak positif tetapi juga negatif (pergaulan bebas, individualisme, kekerasan).

"Permainan anak-anak beralih menggunakan perangkat elektronik, komputer, dan perangkat seluler, yang kemudian menggeser rasa sosial dari jiwa anak dan kemudian tumbuh rasa individual dalam diri anak tersebut," kata Jean.

Selain untuk menghidupkan kembali kecintaan anak-anak pada permainan tradisional, lomba yang digelar dengan protokol kesehatan secara ketat itu juga merupakan upaya memupuk jiwa sportivitas dan jiwa sosial pada anak-anak sejak dini.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: John Nikita S/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!