Sekilas Info

PILKADA 2020

Kapolda Maluku Harap Bawaslu Kedepankan Pengawasan Protokol Kesehatan Covid-19

satumalukuID/Husen Toisuta Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar.

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, berharap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di empat Kabupaten di Maluku berjalan aman, jujur, adil dan lancar.

Selain itu, Jenderal Bintang Dua Polri ini juga berharap kepada Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) agar juga mengedepankan pengawasan Protokol Kesehatan Covid-19.

"Kita sudah kedepankan daripada Bawaslu dengan harapan apabila ada pelanggaran terutama ke Protokol Kesehatan," kata Baharudin kepada wartawan di Ambon, Jumat (13/11/2020).

Menurutnya, selain berharap Pilkada berjalan secara kondusif tanpa gangguan keamanan, juga diharapkan berakhir tanpa adanya klaster baru penularan pandemi Covid-19. Sehingga pengetatan terhadap penerapan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan lebih diutamakan.

"Kita inginkan bahwa empat kabupaten yang melaksanakan Pilkada ini benar benar dijaga protokol kesehatan," harapnya.

Mantan Kapolda Sulawessi Barat ini mengaku pihaknya siap melakukan proses pidana pemilu maupun pidana umum jika diminta Bawaslu.

"Apabila ada yang harus diproses baik pidana pemilu maupun pidana umum, kami dari aparat kepolisian siap untuk memprosesnya," ujarnya.

Menyoal terkait penindakan terhadap pelanggar Protokol Kesehatan dalam tahapan pilkada, orang nomor 1 Polri di Maluku ini mengaku telah banyak dilakukan.

"Oh banyak, di Bawaslu datanya banyak, ada satu daerah 3 sampai 5 peneguran atau kasus yang ditangani Bawaslu, tapi secara rinci tentu di masing-masing Polres," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!