Sekilas Info

DIASPORA MALUKU

Jos Luhukay, Coach Keturunan Maluku yang Berkiprah di Bundesliga, Premier League dan Eredivisie

Jos Luhukay, pelath sepakbola keturunan Maluku saat ini menangani FC St Pauli di Bundesliga 2

satumalukuID - Tidak banyak terekspos. Membuat nama Jos Luhukay tak banyak diketahui di negara asal orang tuanya Indonesia, tepatnya asal Ambon, Provinsi Maluku. Namun sejatinya figur ini punya seabrek pengalaman dan prestasi  melatih klub-klub terkenal di liga-liga top dunia khususnya Eropa,

Jos Luhukay saat ini berusia 57 tahun, lahir di Venlo Belanda 13 Juni 1963. Dia merupakan orang Maluku yang berdiaspora di Belanda dari pasangan Luhukay keturunan Pulau Saparua Maluku Tengah dan ibu asli orang Belanda.

Ia kalah popularitas dibanding mantan pemain dan pelatih keturunan Maluku lainnya di era kejayaan mereka. Seperti Simon Tahamata, Sonny Silooy dan terkini Giovanni Van Bronchurst serta beberapa lainnya.

Baca Juga: Pesepakbola Berdarah Maluku Giovanni van Bronckhorst Jadi Pelatih Tim Liga Super China

Tetapi soal karier kepelatihan, Jos Luhukay lebih berpengalaman dan  malang melintang di klub-klub top Liga Jerman, serta Liga Inggris dan Liga Belanda. Ia menjadi pelatih setelah sempat bermain di Bundesliga bersama  KFC Uerdingen dan SV Straelen serta sebelumnya di VVV Venlo dan RKC Waalwijk anggota Liga Belanda Eredivisie.

Dari berbagai referensi dan wikipedia.org, Jos tercatat lebih banyak berkiprah dan berprestasi saat menjadi Asisten Pelatih dan Pelatih/Manajer di klub-klub terkenal Bundesliga. Yaitu Borrussia Munchengladblach, FC Koln, Hertha Berlin SC, FC Augsburg , Vfb Stuttgart, serta awalnya melatih dimulai dari SV Straelen, KFC Uerdingen dan SC Paderboom 07.

Selain di liga Jerman. Jos juga pernah merasakan atmosfir kompetisi Liga Inggris yakni dikontrak oleh Sheffield Wednesday. Namun hanya satu tahun kemudian balik ke liga Jerman dan kini melatih St Pauli, anggota Bundesliga 2.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Novi Pinontoan
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!