Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Putus Rantai Penularan Covid-19, Menteri PPPA Launching Gerakan Disiplin Pakai Masker

satumalukuID/Publikasi dan Media Kemen PPPA Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Bintang Puspayoga.

satumalukuID - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), melalui Gerakan Disiplin Pakai Masker mengajak kaum perempuan di seluruh Indonesia, ikut maju ke depan membantu bangsa dalam mengatasi dan mengendalikan pandemi Covid-19.

Gerekan Disiplin Pakai Masker ini dilaunchin Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, secara virtual , Selasa (10/11/2020), dan merupakan salah satu acara rangkaian Peringatan Hari Ibu (PHI) Tahun 2020.

"Pemakaian masker merupakan salah satu cara yang ampuh untuk memutus rantai penularan Covid-19. Oleh karenanya, perempuan sebagai manajer keluarga memiliki kemampuan membawa perubahan, salah satunya dalam mengajak keluarga dan masyarakat agar disiplin memakai masker," ujar Menteri Bintang.

Gerakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan, disebutnya merupakan kunci kesuksesan untuk mengakhiri pandemi Covid-19, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Sejak awal pandemi Covid-19, kata dia, pemerintah telah menggalakkan imbauan untuk selalu memakai masker. Walaupun demikian, persebaran Covid-19 masih belum dapat dikendalikan dengan maksimal.

"Oleh karenanya, penggunaan masker secara disiplin dan sesuai dengan ketentuan dan imbauan pemerintah perlu ditekankan,” tandas Menteri Bintang.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo juga telah memberikan arahan kepada jajaran Kemen PPPA untuk melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 pada kluster keluarga, dengan melibatkan perempuan sebagai tokoh yang berperan kuat dalam kehidupan keluarga.

"Presiden Joko Widodo melihat kekuatan para perempuan Indonesia sebagai sosok yang dapat memberikan perubahan besar, dimulai dari tingkat keluarga, masyarakat, hingga negara," tuturnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, dia katakan, tidak dapat dipungkiri peran perempuan menjadi kunci dalam kehidupan keluarga Indonesia secara umum.

Bagi Menteri Bintang, sebagai seorang ibu dan istri, perempuan seringkali berperan sebagai manajer keluarga, yang memastikan seluruh anggota keluarganya dalam keadaan yang baik dan sehat.

"Sementara, dalam kehidupan bermasyarakat, perempuan juga banyak berperan dalam berbagai organisasi perempuan yang dapat membawa perubahan,” pungkasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!