Sekilas Info

Raja Negeri Hukurila Jacobus Johanis Markus Hahijary Dilantik, Walikota: Suksesi yang Patut Dicontoh

Jacobus Johanis Markus Hahijary dilantik Walikota Ambon Richard Louhenapessy sebagai Kepala Pemerintahan Negeri Hukurila untuk masa jabatan 2020 - 2026, Jumat (6/11/2020)..

satumalukuID - Walikota Ambon Richard Louhenapessy melantik Jacobus Johanis Markus Hahijary sebagai Kepala Pemerintahan Negeri Hukurila untuk masa jabatan 2020 - 2026, Jumat (6/11/2020). Setelah pelantikan sebagai Kepala Pemerintahan, selanjutnya Jacobus Johanis Markus Hahijary mengikuti ritual pelantikan sebagai Raja Negeri Hukurila dan pemberkatan di gereja.

Raja Hukurila baru ini meneruskan kepemimpinan Raja sebelumnya yakni John Josephus Marthen yang memerintah Negeri Hukurila selama dua periode kepimpinan selama 12 tahun.

"Pelantikan Raja Hukurila ini merupakan contoh yang baik bagi negeri-negeri adat lain di Kota Ambon khususnya terkait pergantian Raja," kata Walikota.

Menurut walikota, baru kali ini serah terima jabatan Raja di Kota Ambon dilakukan dari raja lama kepada raja yang baru. Yang biasa terjadi adalah serah terima dari pejabat Raja kepada raja baru. "Pemerintahan Kota Ambon memberi penghargaan khusus atas dukungan dalam suksesi Raja Hukurila karena  berjalan dengan aman," timpalnya.

Dia juga memuji kebesaran hati masyarakat dan tokoh-tokoh adat setempat yang masih menjunjung budaya mata rumah parentah sehingga tidak terjadi konflik di masyarakat maupun sesama anggota keluarga mata rumah parentah sendiri.

Penulis: m-5
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!