Sekilas Info

PILKADA 2020

Bawaslu Kepulauan Aru Langsung Keluarkan Peserta Kampanye Pilkada yang Tak Gunakan Masker

satumalukuID/Humas Polres Kepulauan Aru Warga mencuci tangan di tempat yang dipersiapkan Polres Kepulauan Aru, sebagai bagian dari protokol kesehatan di masa covid-19, sebelum kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru, Kamis (15/10/2020).

satumalukuID- Cegah klaster baru penyebaran Covid-19 saat pelaksanaan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kepulauan Aru, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat bertindak tegas. Setiap peserta kampanye yang tidak memakai masker, langsung dikeluarkan.

"Kita masih lakukan tindakan persuasif. Kita utamakan pencegahan dari pada penindakan. Jadi kalau ada pelanggaran katong (kita) langsung tegur di lapangan," kata Ketua Bawaslu Kepulauan Aru, Amran Bugis kepada satumaluku.id, Kamis (5/11/2020).

Menurutnya, selama tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 berlangsung, pihaknya secara ketat mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Dia tidak menampik selama ini terdapat beberapa pelanggaran yang dilakukan peserta kampanye dari kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten berjuluk Jargaria tersebut.

"Dua pasangan melakukan pelanggaran. Ada yang tidak pakai masker kita suruh keluar, kemudian peserta kampanye tidak lebih dari 50 orang. Jadi kita buat garis batas menggunakan tali," ungkapnya via seluler.

Menyoal mengenai debat kandidat yang akan berlangsung di Dobo, Ibukota Kepulauan Aru pada 16 dan 20 November mendatang, Amran mengaku, protokol kesehatan tetap akan dilakukan.

"Debat akan dilakukan tanggal 16 dan 20 November di Dobo. Untuk protokol kesehatan, tetap kita lakukan secara tegas," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!