Sekilas Info

60 Lintasan Penyeberangan di Maluku, Masih Bisa Ditambah

satumalukuID/Husen Toisuta Dirjenhubda, Budi Setiyadi (kiri) didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail (kanan) di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Selasa (3/11/2020).

satumalukuID- Provinsi Maluku memiliki 60 lintasan penyeberangan. Setiap tahun, anggarannya mencapai Rp.67,3 miliar. Pemerintah Pusat masih memberikan peluang jika Provinsi Kepulauan ini masih ingin menambah lintasan penyeberangan.

Hal itu disampaikan Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjenhubda) Kementerian Perhubungan RI, di sela-sela peresmian pengoperasian KMP. Bahtera Nusantara 02 di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Selasa (3/11/2020).

"Di Maluku sudah ada 60 lintasan penyeberangan dengan anggaran satu tahun 67,3 miliar dan kalau belum mencukupi kami persilahkan para Bupati melalui Gubernur untuk sampaikan proposal kepada saya agar kita beri dukungan," kata Setiady di sambutannya.

Maluku, lanjut Setiady, masih menjadi prioritas oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, khususnya di wilayah Terdepan, Tertinggal dan Termiskin (3T).

"Nanti ajukan kepada saya dan saya akan lapor kepada Pak Menteri," pintanya meyakinkan.

Senada, Gubernur Maluku, Murad Ismail meminta Bupati/Wali Kota yang ingin menambah atau yang belum memiliki pelabuhan penyeberangan agar bisa disampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemrov) Maluku, untuk diteruskan kepada Kemenhub melalui Dirjenhubda.

"Tolong sampaikan kepada kami (Provinsi) sehingga kami bisa sampaikan kepada dirjen," pintanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!