Sekilas Info

LAWN COVID-19

Cegah Penyebaran Covid-19 Polres Maluku Tengah Bubarkan Pemuda di Tempat Tongkrongan

satumalukuiD/istimewa Aparat Polres Maluku Tengah tampak sedang menghimbau sekelompok pemuda di tepian jalan Kota Masohi.

satumalukuID- Kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Maluku Tengah, masih berada pada urutan ke dua tertinggi di Provinsi Maluku setelah Kota Ambon.

Hingga Senin (2/11/2020) hari ini, jumlah terkonfirmasi Covid di Maluku Tengah bertambah menjadi 48 kasus setelah Kota Ambon yang mencapai 454 orang.

Menyikapi hal itu, aparat Polres Maluku Tengah terus berupaya membantu pemerintah daerah setempat dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Berbagai langkah dilakukan, salah satunya dengan mengintensifkan patroli mengelilingi ruas jalan utama maupun pemukiman penduduk.

Selain mensosialisaikan pentingnya penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, polisi juga tidak segan membubarkan para pemuda yang kedapatan nongkrong di tepian jalan, maupun tempat tongkrongan lainnya.

"Patroli rutin kita lakukan meski di hari libur. Tujuannya untuk menjaga situasi dan kondisi keamanan, terutama dalam massa Covid-19," ungkap Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi.

Menurutnya, patroli gencar dilakukan dibawah pimpinan Kasat Sabhara Iptu La Maru, perwira siaga Iptu Pardan, dan KBO Sat Binmas Ipda Latupeirissa di seluruh wilayah hukum Polres Maluku Tengah.

"Tujuan kita adalah untuk menciptakan sitkamtibmas terlebih di tengah pandemi saat ini," katanya.

Selain pusat kota Masohi, Ibukota Kabupaten Maluku Tengah, patroli juga gencar dilakukan di wilayah lain di Kabupaten berjuluk Pamahanu Nusa tersebut.

"Rute Patroli mulai dari Polres, jalan Abdullah Soulissa, Amahai, Desa Rutah, Dusun Haruo, Desa Administrasi Yainuelo, Belakang PLN Masohi, Terminal Feri, Belakang Lembaga. Kemudian Lorong SMA Muhammadiyah, Perumahan DPRD, dan kembali ke Polres," urai perwira menengah Polwan itu.

Rositah mengaku, dalam patroli yang kerap dilakukan, tidak sedikit pihaknya membubarkan para anak muda yang nongkrong di tepi jalan. Terutama yang tidak menggunakan protokol kesehatan seperti tidak memakai pakai masker dan berkerumun.

"Kami juga memberikan himbauan kepada warga untuk menjaga Kamtibmas, dan mematuhi Protokol Kesehatan menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengindari kerumunan," katanya.

Dalam patroli yang dilakukan, pihaknya juga mengamankan sejumlah botol minuman keras (miras) dari para pemuda yang nongkrong di tepi jalan.

"Kita mengamankan juga pemuda dan barang bukti miras jenis Bir 3 botol dari warga. Mereka yang diamankan juga diberikan pembinaan," tuturnya.

Mantan Kasat Lantas Polres Maluku Tengah itu mengajak warga untuk senantiasa menjaga situasi dan kondisi keamanan di tertua di Maluku ini.

"Jauhilah miras, karena kita akan kehilangan kesadaran, lupa diri dan berujung pada permasalahan kamtibmas. Selalu menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing. Ajaklah anak-anak, keluarga dan saudara kita untuk selalu memakmurkan rumah-rumah ibadah," harapnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!