Sekilas Info

Warga Ambon Terdampak Pandemi Covid-19 Disarankan Melapor ke Lurah untuk Diberi Bantuan

Foto: ant/HO Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyerahkan bantuan kepada salah seorang pekerja ekonomi kreatif dan pariwisata di Ambon, Kamis (25/6/2020).

satumalukuID - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy meminta warga yang terdampak pandemi Covid-19 tapi belum menerima bantuan agar segera melapor.

"Saya imbau kepada masyarakat yang merupakan keluarga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sementara diisolasi di lokasi karantina mandiri atau terpusat segera lapor jika belum menerima bantuan, " kata Richard, Senin (26/10/2020).

Ia mengatakan keluarga pasien terkonfirmasi positif corona jika merupakan tulang pungung keluarga dan sementara menjalani isolasi mandiri atau terpusat, diharapkan segera lapor ke pihak RT atau lurah setempat.

Jika memamg pasien tersebut merupakan hasil pelacakan oleh Pemkot Ambon, dan keluarga terdampak maka akan diberikan bantuan.

"Jika memang pasien hasil tracking Pemkot dan menjadi tulang punggung keluarga, maka anggota keluarga lainnya akan diberikan bantuan berupa kebutuhan pokok, " ujarnya.

Ia mengakui masyarakat dengan mudah dapat melapor ke RT atau lurah setempat dan akan ditindaklanjuti.

"Yang terjadi di masyarakat saat ini, menyampaikan laporan melalui media sosial, bagaimana mungkin kita menerima laporan dari media sosial, karena belum tentu benar bisa saja hoaks," kata Richard.

Sejauh ini, katanya, laporan masyarakat yang belum menerima bantuan tidak banyak dan langsung ditindaklanjuti.

"Saya minta kalau bisa jangan lapor di media sosial, tetapi sampaikan ke RT atau lurah agar dapat ditindaklanjuti," tandasnya.

Dijelaskannya, bantuan yang diberikan terdiri dari beberapa kategori, diantaranya, bantuan sembako untuk kelurahan, dan bantuan langsung tunai serta bantuan sosial tunai bagi masyarakat desa sesuai data yang diterima.

Setiap bulan Pemkot Ambon menyalurkan bantuan kepada kurang lebih 50 ribu kepala keluarga (KK) yang ada di Kota Ambon sebagai bentuk komitmen Pemerintah kepada masyarakat.

Baca Juga

error: Content is protected !!