Sekilas Info

Merah Putih Dikibarkan di Tanjung Luswed Ohoi Weduar Feer yang Berbatasan dengan Australia

Foto: Siprianus Yanyaan/ant Gubernur Maluku, Murad Ismail, ikuti prosesi pengibaran bendera Merah Putih di perbatasan Indonesia dengan Australia, di Maluku Tenggara, Selasa (27/10/2020).

satumalukuID - Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengibarkan bendera Merah Putih di Tanjung Luswed Ohoi Weduar Feer, Kei Besar Selatan Barat, Maluku Tenggara, yang berbatasan langsung dengan Australia, Selasa (27/10/2020).

Kawasan Tanjung Luswed Ohoi Weduar Feer, di Kei Besar Selatan Barat, merupakan salah satu kawasan perbatasan atau tapal batas negara dengan Australia itu. Ia mengibarkan bendera Merah Putih di Tanjung Luswed Weduar Feer dengan bantuan tiga penyelam.

Para penyelam itu mendatangi dia di perahu cepat yang tidak jauh dari lokasi pengibaran bendera, lalu dia menyerahkan bendera Merah Putih yang selanjutnya dikibarkan.

Pada acara pengibaran bendera untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 itu, Ismail didampingi Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubum, yang juga disaksikan masyarakat dan peserta parade kebangsaan dan Kirab Merah Putih.

Usai mengibarkan bendera, dia dan rombongan melihat-lihat hasil karya komunitas panjat tebing Maluku Tenggara yang mengecat tebing karang bercorak merah-putih.

Sebelumnya, saat tiba di Weduar Feer, Ismail dan rombongan disambut masyarakat setemoat dengan tradisi adat.

Dalam rangkaian acara memperingati hari Sumpah Pemuda di Maluku Tenggara, dia juga mengikuti berbagai kegiatan, di antaranya melepas peserta parade kebangsaan dan Kirab Merah Putih, serta membuka pelatihan pembangunan karakter bangsa bagi pemuda Maluku Tenggara di lokasi perkemahan Ohoi Rahangiar.

Parade kebangsaan dan kirab Merah Putih di laut diikuti 101 peserta menggunakan berbagai jenis angkutan laut yang dihiasi bendera Merah Putih. Parade dimulai dari Pelabuhan Uf Maar Kei Kecil Timur Selatan dan berakhir di Weduar Feer Kei Besar Selatan Barat.

Baca Juga

error: Content is protected !!