Sekilas Info

REVITALISASI PASAR MARDIKA

Anggaran Revitalisasi Pasar Tradisional Modern di Mardika Ambon Rp.165 Miliar

satumalukuID/Husen Toisuta Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy (kanan) tampak sedang memaparkan rencana revitalisasi pasar tradisional modern kepada Wamendag Jerry Sambuaga (kiri) di depan pasar Gedung Putih, Kota Ambon, Rabu (28/10/2020).

satumalukuID- Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, mengungkapkan nilai anggaran revitalisasi Gedung Putih menjadi pasar tradisional modern di Mardika Ambon, sebesar Rp.165 miliar.

Hal itu disampaikan kepada wartawan saat menemani kunjungan kerja Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Repoblik Indonesia (RI), Jerry Sambuaga di Ambon, Rabu (28/10/2020).

Menurut Richard, Pasar Mardika yang akan direvitalisasi tersebut pada 40 tahun silam termasuk paling bagus di wilayah Indonesia Timur. Namun seiring perkembangan Kota, pertumbuhan pemanfaatan jasa pasar, lalu mengalami perubahan.

"Jadi dia berubah dari pasar yang paling bagus ke pasar yang kumuh karena tidak bisa lagi untuk merangkum semua kebutuhan pasar," katanya.

Oleh karenanya, Richard mengaku atas kebijakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan, Pemkot Ambon kemudian mendapatkan pasar tradisional modern.

"Dalam waktu dekat akan dilakukan proses tender. Sebetulnya tahun ini sudah dibangun, tapi karena covid makanya ditunda. Jadi total (anggaran) itu kurang lebih Rp.165 miliar," terangnya.

Dia mengatakan, proses tender akan berlangsung pada bulan November dan Desember. Ia pun berharap di akhir tahun 2020 sudah bisa dilakukan finishing.

"Awal Januari sudah bisa dibangun. Kita berharap akhir tahun dia sudah bisa finishing dan awal tahun 2022 sudah jadi," harapnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!