Sekilas Info

PENGUKUHAN RAJA ALLANG

Wagub Maluku Minta Keberadaan Negeri-negeri Adat Perlu Dijaga

satumalukuID/Istimewa Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno (kanan), saat menghadiri pengukuhan Raja Negeri Allang, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

satumalukuID - Di Maluku, raja adalah pemimpin tertinggi dari kesatuan masyarakat adat. Oleh sebab itu, keberadaan negeri-negeri adat perlu dijaga dan dikembangkan, karena merupakan warisan leluhur yang perlu dihormarti.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, saat menghadiri pengukuhan adat Raja Negeri Allang, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (20/10/2020).

"Saya berharap tradisi ini dapat terus dijaga dan dipertahakan menjadi kekayaan budaya masyarakat. Juga melestarikan kearifan lokal yang berkembang dan diakui hingga saat ini," ujar Wagub Barnabas.

Pengukuhan tersebut dilakukan melalui penyerahan tongkat dari raja sebelumnya yakni Izaac Rudolof Patty, kepadaraja yang baru Oktavianus Edward Patty. Pengukuhan tersebut berlangsung di Baileo Negeri Allang sebagai Rumah Adat.

Wagub Barnabas memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada raja yang baru dikukuhkan. Menurut dia beban tugas dan tanggung jawab yang diemban tentunya sangatlah berat.

"Apalagi dinamika dan tantangan pembinaan masyarakat dalam era milenial semakin kompleks. Oleh sebab itu, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab hendaknya mengutamakan norma agama dan nilai budaya," imbaunya.

Dia berharap, setelah pengukuhan adat tersebut Oktavianus dapat menjalankan tugasnya, memimpin Negeri Allang dalam membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!