Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Pemerintah Desa Waiheru Siapkan WiFi Gratis untuk Pelajar

satumalukuID/Syamsul Bahri Salah satu murid Sekolah Dasar sedang belajar secara daring dengan memanfaatkan akses WiFi gratis yang disediakan di Kantor Desa Waiheru.

satumalukuID - Pemerintah Desa Waiheru Kecamatan Baguala, Kota Ambon, menyiakan fasilitas akses WiFi gratis bagi warganya, terutama untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara daring atau online. 

“Ini sebagai wujud kepedulian pemerintah desa terhadap generasi muda, khususnya para pelajar dan mahasiswa, yang pada kondisi pandemik Covid-9 ini, harus mengikuti proses belajar mengajar secara online,” ujar Kepala Seksi Pemerintahan Desa Waiheru, Rahmat, kepada satumalukuID, di ruang kerjanya, Rabu (21/10/2020).

Menurut dia, rencananya akan ada tiga (3) titik akses wifi. Namun saat ini baru satu yang bisa direalisasikan, dengan berbagai pertimbangan.

Belajar dengan memanfaatkan jaringan internet, diakui Rahmat, bisa menjadi masalah tersendiri bagi anak-anak. Karena selain belum tentu semaksimal belajar langsung di ruang kelas, para orang tua juga harus memberi waktu dan perhatian ekstra untuk materi belajar dan tentu saja masalah kuota internet dan paket data yang harus dibeli. 

“Hal itu yang menjadi latar belakang pemerintah desa ikut ambil peran, dengan membuat akses wifi gratis demi proses belajar daring ini bisa terlaksana dengan lancar,” ungkap dia.

Wifi gratis di kantor Desa Waiheru sendiri, kata dia, sudah bisa diakses di kantor desa sejak bulan September. Sebelum memasuki ruangan kantor desa, para siswa atau mahasiswa yang datang, diwajibkan menaati protokol kesehatan yang berlaku. 

“Masuk di sini wajib mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu pada tempat yang sudah disediakan, dan disarankan tetap menjaga jarak. Kita semua berharap, jangan sampai pandemi Covid-19 ini menghambat proses belajar anak-anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa ini," pungkasnya.(Syamsul Bahri/ZS)

Baca Juga

error: Content is protected !!