Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Cegah Klaster Baru Pilkada, Satgas Covid-19 Kepulauan Aru Gerakkan Semua Puskesmas

satumalukuID/Humas Polres Kepulauan Aru Warga mencuci tangan di tempat yang dipersiapkan Polres Kepulauan Aru, sebagai bagian dari protokol kesehatan di masa covid-19, sebelum kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru, Kamis (15/10/2020).

satumalukuID- Seluruh tenaga kesehatan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kepulauan Aru, digerakkan, untuk dapat mengatasi terjadinya klaster baru Covid-19 saat perhelatan Pilkada serentak tahun 2020 digelar.

Selain Puskesmas, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dibantu TNI/Polri dan Satpol Pp di Kepulauan Aru, terus dilibatkan mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Aru, Y. Uniplaita, mengaku bersyukur, upaya semua pihak hingga menyisahkan satu kasus konfirmasi di Kabupaten berjuluk Jargaria tersebut.

"Kita sudah bekerja dari Bulan Februari sampai saat ini. Semua Puskesmas bergerak, kemudian ditambah dengan tim dari gugus tugas. Tinggal satu kasus kita sudah swab dan kirim (Pemda Maluku)," kata Uniplaita kepada satumaluku.id, via selulernya, Rabu (21/10/2020).

Agar satu kasus tersisa tidak bertambah bahkan diharapkan berakhir, Uniplaita mengaku, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan semua pihak terkait.

Apalagi menjelang Pilkada, kata dia, pihaknya sudah melakukan MoU dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Aru, dalam rangka penanganan Covid-19.

"KPU juga koordinasi dengan kita dan sudah MoU," kata Ibu Uniplaita tersebut.

Atas penandatangan kerjasama itu, pihaknya akan menambah berbagai alat deteksi dan pencegahan Covid-19, seperti penyediaan Thermo Gun atau alat pengukur suhu tubuh.

"Ada penambahan alat termogun sebagai pengukur panas. Apa yang mereka (KPU) merasa kurang kita sudah siapkan," ungkapnya.

Uniplaita mengaku siap menghadapi pesta rakyat lima tahunan pada 9 Desember 2020 mendatang, tanpa berdampak negatif penularan Covid-19.

"Beta (saya) kira persiapan untuk menghadapi pilkada semuanya sudah siap. Pak Bupati selalu mengarahkan agar ke depan selalu baik penanganan Covid maupun pilkada," katanya.

Olehnya itu, dia berharap kepada semua instansi maupun elemen masyarakat agar dapat secara bersama melawan Covid-19. Caranya selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauh dari kerumunan.

"Kita harapkan pikada ini tidak ada yang tertular Covid, tidak ada klaster baru pilkada," ujarnya.

Dia mengaku, selama ini tim Satgas Covid-19 sudah bekerja keras dan tak pernah henti mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan.

"Kita selalu sosialisasi, mengingatkan. Karena kalau tidak dilakukan, maka dong (mereka/masyarakat) akan lupa," tandasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!