Sekilas Info

Wakil Maluku di Ajang Pemilihan Putri Remaja Indonesia Beri Edukasi Penghapusan Kekerasan Seksual di Sekolah

satumalukuID/Istimewa Putri Remaja Indonesia 2020 perwakilan Provinsi Maluku, Nisrina Alifa Tunny (kanan).

satumalukuID - Putri Remaja Indonesia 2020 perwakilan Provinsi Maluku, Nisrina Alifa Tunny, berkolaborasi dengan komunitas Suara Milenial Maluku, memberi edukasi tentang Remaja Cerdas Lawan Kekerasan Seksual, pada SMA Negeri 22 di Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Senin (19/10/2020).

Nisrina yang akrab disapa Ririn ini hadir sebagai pembicara bersama Koordinator Suara Milenial Maluku, Katrin Selvina Wokanubun. “Kasus kekerasan seksual terhadap perempuan masih sering terjadi di masyarakat kita,” tuturnya.

Siswa kelas III SMP Lentera Harapan Ambon, yang bakal tampil sebagai finalis dari Maluku di Malam Grand Final Putri Remaja Indonesia, 31 Oktober ini, menyebutkan bahwa kondisi ini semakin parah karena masih adanya budaya victim blaming atau menyalahkan korban yang masih lazim ditemui di masyarakat kita.

Akibatnya, kata dia, korban kerap merasa takut untuk melaporkan kasus yang dialaminya. Mereka khawatir akan mendapat stigma buruk, dan akhirnya hidup dalam trauma.

"Saya ingin sampaikan kepada kita semua, untuk jangan pernah membuli korban kekerasan seksual. Mereka butuh dukungan kita. Yang mesti kita salahkan, dan hukum adalah pelakunya, bukan korbannya," ajaknya.

Pada kesempatan yang sama, Katrin Selvina Wokanubun, menjelaskan potensi kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap remaja yang masih rentan terjadi. 

“Karena itu setiap remaja harus tahu bahwa dia memiliki hak asasi terhadap seluruh anggota tubuhnya, yang tidak boleh disentuh sembarangan oleh orang lain,” tandasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!