Sekilas Info

PERBANKAN

Dirut Bank Maluku – Malut Burhanudin Waliulu Mengundurkan Diri, Komut: Terkait Persoalan Pribadi

Foto: satumalukuID/aldi hetharia ATM Center Bank Maluku di Jalan Pattimura, Ambon.

satumalukuID - Direktur Utama (Dirut) Bank Maluku dan Maluku Utara (MMU), Burhanudin Waliulu, mengundurkan diri dari lembaga perbankan milik daerah yang dipimpinnya. Namun pengunduran diri tersebut karena alasan pribadi dan tidak terkait dengan manajemen lembaga keuangan itu.

Penegasan tersebut disampaikan Komisaris Utama (Komut) Bank MMU, M.A.S. Latuconsina ST MT atau akrab disapa Sam kepada satumaluku.id, Minggu malam (18/10).

"Mungkin setelah mengalami musibah beberapa waktu yang lalu sehingga menyebabkan beliau mengundurkan diri. Jadi, tidak ada kaitan sama sekali dengan persoalaan manajamen bank, murni karena persoalan pribadi," ungkap Sam. (Baca: Proses Hukum Kasus Fortuner Maut Dirut Bank Maluku-Malut Tak Bisa Dihentikan Polisi)

Ia menjelaskan, surat pengunduran diri Waliulu ditujukan langsung kepada dirinya selaku Komisaris Utama Bank MMU tertanggal 9 Oktober 2020.

Atas dasar itu, berdasarkan Peraturan OJK yakni Nomor 33/04. POJK/ 2014 tentang Direksi dan Komisaris Emiten atau perusahaan publik maka setelah menerima surat pengunduran diri yang bersangkutan, pihaknya harus menyampaikan pengunduran diri yang bersangkutan paling lambat 2 hari kerja setelah menerima surat tersebut.

Lebih lanjut Sam mengatakan, tertanggal 12 Oktober 2020 selaku Komisaris Utama telah menyampaikan pemberitahuan ke OJK Maluku dengan tembusan surat kepada Gubernur Maluku selaku Pemegang Saham Pengendali.

"Pada hari Rabu 14 Oktober 2020, saya dan Direktur Kepatuhan diundang rapat oleh pimpinan OJK Maluku. Salah satu agenda rapat adalah pembahasan pengunduran diri Dirut Bank MMU. Saat itu juga Ketua OJK meminta agar kami memproses pengunduran diri Waliulu sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku," ungkapnya.

Sam menambahkan, pengunduran diri Burhanudin Waliulu tidak serta merta langsung menyebabkan yang bersangkutan non aktif dari jabatan Dirut nya.

"Dirut tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya seperti biasa sampai ada keputusan pada saat RUPS Luar Biasa nanti. Jadi sampai saat ini para Direksi Bank MMU tetap bekerja seperti biasa," ujar Sam yang juga mantan Wakil Walikota Ambon.

Ia menambahkan, Dewan Komisaris merencanakan pada Senin (19/10) akan melakukan rapat untuk membahas pengunduran diri Waliulu termasuk menyiapkan RUPS LB. (NP)

Baca Juga

error: Content is protected !!