Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Polres Maluku Tengah Kampanye Lawan Covid-19 Melalui Mimbar Agama

satumalukuID/Humas Polres Maluku Tengah Kapolres Maluku Tengah AKBP. Rositah Umasugi (kedua kiri) sedang memberikan himbauan kamtibmas dan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

satumalukuID- Kabupaten Maluku Tengah termasuk daerah tertinggi penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Maluku, setelah Kota Ambon.

Kampanye perlawanan terhadap pandemi itu gencar dilakukan di sana. Salah satunya oleh aparat Polres Maluku Tengah dan jajarannya. Mereka memanfaatkan media mimbar agama. 

Kepada satumalukuID, Jumat (16/10/2020), Kapolres Maluku Tengah AKBP. Rositah Umasugi menilai, kampanye lawan Covid-19 dengan menggunakan mimbar agama atau melalui khotbah, ceramah agama termasuk efektif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. 

Menurut dia, selain mimbar khotbah di masjid setiap hari Jumat untuk umat muslim, maupun di gereja pada hari Minggu kepada umat nasrani, sosialisasi pencegahan penyebaran virus korona itu juga dilakukan dengan berbagai cara lain yakni turun ke jalan menyapa masyarakat. 

“Kalau tadi kami khotbah Jumat di Masjid Raya Al Falah, Desa Sepa, Kecamatan Amahai. Selain menyampaikan iman dan taqwa kepada Allah SWT, kami juga menyampaikan pesan kamtibmas dan cara menghindar dari serangan Covid-19,” ungkap Rositah.

Dia katakan, khotbah Jumat yang dilaksanakan setiap pekan di masjid berbeda ini, senantiasa pihaknya menyampaikan pesan kamtibmas, persatuan dan kesatuan bangsa, serta mentaati protokol kesehatan. Diantaranya memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Islam sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk hidup bersih, saling mengasihi, dan menyayangi sesama, tanpa pandang suku, maupun agama," tuturnya.

Selain setiap hari Jumat memberikan himbauan di masjid-masjid, perwira menengah polisi wanita itu juga mengaku, hal serupa juga dilakukan setiap hari minggu di gereja-gereja, baik Protestan maupun Katolik. 

“Selain hari jumat dan minggu, kami juga merangkul OKP-OKP seperti kemarin dari PMII, untuk bersama melakukan operasi yustisi dan membagikan masker kepada masyarakat,” ungkapnya. 

Mantan Kabagbinops Ditlantas Polda Maluku ini berharap, dengan upaya bersama memutus mata rantai penyebaran wabah mematikan tersebut, daerah berjuluk Pamahanu Nusa ini bisa kembali zero dari Covid-19 tersebut.

"Dalam masa pandemi Covid-19 kami tidak pernah bosan menghimbau masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan," tandasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!