Sekilas Info

Kawasan Desa Wisata Negeri Oma Pulau Haruku akan Ditata Tahun 2021

satumalukuID/Istimewa Kadis PUPR Provinsi Maluku saat berkunjung ke Negeri Oma, Pulau Haruku.

satumalukuID - Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku, Muhamat Marasabessy, mengunjungi Negeri (desa) Oma, di Pulau haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (14/10/2020), untuk melihat rencana pengembangan infrastruktur kawasan pariwisata di daerah ini.

Informasi yang satumalukuID dapatkan dari pihak Dinas PUPR Provinsi Maluku menyebutkan, kunjungan Muhamat antara lain ke Air Asol dan air panas Sila.

Kunjungan tersebut baru survei dan investigasi awal, dan penanganannya direncanakan pada tahun 2021, berupa penataan kawasan desa wisata Negeri Oma, antara lain tambatan perahu, talud pantai, kawasan permandian Asol dan air panas Sila. Juga jalan akses ke ke desa lainnya di Pulau Haruku.

Negeri Oma, disebut-sebut memiliki potensi geothermal atau panas bumi karena bisa dijumpai mata air panas di daerah ini, seperti halnya di negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Sementara masyarakat pada negeri yang punya nama lain Leparissa Leamahu ini, dikenal ramah dan masih mempertahankan salah satu tradisi ekonomi lokal hingga sekarang yakni mengolah cengkeh secara tradisional untuk kemudian dijual di Ambon.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!