Sekilas Info

Jadi Pembicara Diskusi Bersama Gubernur Ganjar Pranowo, Walikota Ambon Juga Terima Penghargaan BNPB

satumalukuID – Walikota Ambon Richard Louhenapessy diagendakan menjadi pembicara diskusi dengan tema Ketangguhan Daerah Menghadapi Bencana yang dilaksanakan Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), pada Senin (12/10/2020).

Selain menjadi pembicara, Walikota Ambon juga akan menerima penghargaan dari BNPB pada puncak peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), pada Selasa (13/10/2020).

Mengenai kapasitasnya sebagai pembicara, Walikota menjelaskan dia dipilih bersama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Bangka Belitung Erzadi Rosman Djohan, dan Bupati Magelang Zaenal Arifin.

"Materi yang akan saya sampaikan yaitu Ketangguhan Kota Ambon Menghadapi Bencana,” ungkap Walikota pada Sabtu (10/10/2020).

Kegiatan diskusi merupakan main event pada rangkaian peringatan bulan PRB tahun 2020. Tema yang diangkat dalam main event ini, lebih pada sharing pengalaman, pembelajaran dan praktik-praktik, baik yang sudah dilakukan terkait dengan upaya pengurangan risiko bencana di daerah.

Walikota menjelaskan, PBB telah menetapkan Hari Internasional untuk Pengurangan Bencana sejak tahun 1989. Hal Ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan budaya global terhadap kesadaran akan risiko dan pengurangan bencana termasuk pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan bencana.

Di Indonesia, Peringatan bulan PRB Nasional sudah menjadi agenda nasional rutin tahunan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2012. Pertama kali dilakukan di Yogyakarta bersamaan dengan penyelenggaraan AMCDRR (Asian Ministerial
Conference on Disaster Risk Reduction), kemudian berlanjut di Mataram, NTB selanjutnya ke Bengkulu dan pada tahun 2105 berlanjut ke Solo Jawa Tengah.

Pada tahun 2016 Peringatan bulan PRB dilaksanakan di Manado Sulawesi Utara, kemudian ke Sorong Papua Barat berlanjut ke ke Medan Sumatera Utara dan yang terakhir di Bangka Belitung.

Pada tahun 2020 ini, harusnya Provinsi Maluku yang akan menjadi tuan rumah, namun ditengah Pandemi covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, peringatan bulan PRB akhirnya dilaksanakan oleh Badan Nasional penanggulangan Bencana di Kota Jakarta dan sekitarnya.

Penulis: m-5
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!