Sekilas Info

PILKADA 2020

Ketua DPRD Kepulauan Aru Dipolisikan Kuasa Hukum KAKA

satumalukuID/Freepik.com Hand drawing illustration of election concept

satumalukuID- Wahyu Ingratubun, kuasa hukum Pasangan Calon (Paslon) Bupati Timotius Kaidel dan Wakil Bupati Lagani Karnaka, resmi mempolisikan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, Udin Belsigaway.

Udin dilaporkan ke Polres Kepulauan Aru karena dinilai telah menyebar fitnah saat berkampanye hingga mencemarkan nama baik Paslon Bupati-Wakil Bupati berjargon KAKA.

"Selaku tim kuasa hukum calon dengan sandi KAKA, kami secara resmi telah melaporkan Udin Belsigaway ke Mapolres Kepulauan Aru dengan tuduhan pencemaran nama baik," kata Wahyu, Sabtu (10/10/2020).

Wahyu yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Advokad Pengacara Indonesia (HAPI), mengaku mempolisikan Ketua DPRD Aru atas video kampanye hitamnya yang viral di media sosial. Udin saat berorasi menyampaikan pasangan KAKA tersangkut kasus korupsi Rp.11 miliar.

Dari isi video beredar, Wahyu menilai, Udin selaku pejabat publik harusnya menyampaikan sesuatu informasi dengan memiliki bukti autentintik. Minimal dia memiliki bukti surat putusan dari Pengadilan Negeri yang berkekuatan hukum tetap.

"Bukan asal ngomong. Jadi, apa yang disampaikan oleh Udin Belsigaway selaku Ketua DPD Partai Nasdem pengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga - Muin Sogalrey adalah tuduhan tanpa bukti. Ini pencemaran nama baik terhadap pasangan KAKA," tegasnya.

Wahyu menambahkan, selain melaporkan Udin ke Mapolres Kepulauan Aru atas kampanye hitamnya, dia bersama Tim Kuasa Hukum KAKA juga telah melaporkan hal tersebut ke Bawaslu. Bukti laporan sesuai No : 05/LP/PB/KB/31.04/X/2020 tanggal 8 Oktober dan diterima oleh Sarmudin Juhinfany dan Nivan. T.

"Intinya kami sudah lapor ke Polres dan Bawaslu atas tuduhan fitnah dan pencemaran nama baik. Kami berharap, Kepolisian dan Bawaslu bisa menuntaskan kasus ini sehingga menjadi pembelajaran bagi kita semua," harapnya.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!