Sekilas Info

PILKADA 2020

Laporkan Oknum Polisi yang Tak Netral di Pilkada, Kapolda: Saya Lindungi Pelapornya

satumalukuID/Chen Toisuta Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar.

satumalukuID- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di empat Kabupaten di Maluku, yaitu Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru, telah memasuki tahapan kampanye.

Untuk menjaga marwah pesta demokrasi berlangsung aman dan lancar, netralitas penyelanggara maupun pengamanan pilkada sangat dibutuhkan.

Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar sendiri, bahkan terus menyuarakan netralitas, terlebih khusus kepada jajarannya.

"Kita minta dalam pilkada apabila ada informasi yang tidak netral anggota saya tolong sampaikan," pinta Baharudin di sela kegiatan silaturahmi bersama wartawan di Ambon, Selasa (6/10/2020).

Sejak bertugas di Maluku, Baharudin mengaku kerap meminta anak buahnya untuk bersikap netral. Polri sebagai institusi pengamanan diharapkan tindak berpihak kepada salah satu figur Calon Bupati-Wakil Bupati.

"Sejak awal saya bertugas di sini sudah saya katakan kita mutlak netral," tegasnya.

Menurutnya, jika petugas baik penyelenggara maupun aparat pengamanan termasuk ASN bersikap netral, maka pesta rakyat lima tahunan akan berjalan aman, nyaman, jujur dan adil.

"Karena apabila petugasnya sudah netral maka tidak terlalu sulit mau mengelola pilkada sekarang. Jadi mutlak dibutuhkan netralitas," katanya.

Olehnya itu, dia meminta masyarakat apabila mendapati oknum Polri yang tidak netral dalam penyelenggaraan pilkada di empat Kabupaten, dapat melaporkan kepadanya.

"Segera sampaikan kepada kita untuk kita ambil tindakan," pintanya.

Orang nomor 1 Polri di Maluku ini juga meminta masyarakat untuk mengakuratkan laporan dengan bukti-bukti biar tidak terjadi fitnah.

"Kami mohon sekali lagi kalau ada informasi ini diakuratkan informasinya, saya selaku kapolda melindungi yang menyampaikan informasi itu agar tidak terjadi fitnah di antara kita," tandasnya.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!