Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Marak Info di Medsos Soal Ibu Hamil Positif Covid-19 Rujukan dari RSUD Bula, Ini Penjelasan Satgas

satumalukuID/Husen Toisuta Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku/Sekda Maluku Kasrul Selang.

satumalukuID- Ibu hamil berinisial H yang dirujuk dari RSUD Bula ke RSUD dr. M. Haulussy Ambon, dinyatakan terpapar Covid-19. Pihak rumah sakit mengaku hingga saat ini kondisi pasien, bahkan janin dalam kandungannya baik.

Demikian disampaikan Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, menyikapi maraknya pembahasan pasien rujukan dari Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di media sosial.

"Perlu kami sampaikan bahwa pasien dengan inisial H saat ini dalam kondisi baik. Bahkan janin dalam kandungan juga dalam kondisi baik," katanya di Ambon, Jumat (2/10/2020).

Kasrul mengaku, ibu H tercatat masuk RSUD dr. M. Haulussy Ambon, Rabu (30/9/2020). Dia di diagnosa suspek solutio plasenta dan memiliki riwayat Jatuh dengan kehamilan 32-33 minggu atau usia kehamilan sekitar tujuh setengah bulan.

"Hasil rapid test menunjukkan IgG dan IgM reaktif. Setelah diperiksa di IGD RSUD dr. M. Haulussy, keadaan ibu dan janin baik, sehingga yang bersangkutan dirawat dibagian kebidanan," jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku ini mengaku, pada Kamis (1/10/2020), pasien mengeluh sesak nafas. Bidan yang bertugas kemudian dengan segera melaporkan ke Dokter Spesialis kandungan. Ibu H, kemudian dilakukan USG. Hasilnya, kandungan dan janinnya normal.

"Karena ada keluhan sesak nafas dari pasien, maka dilakukan pemeriksaan swab dengan metode Tes Cepat Molekuler. Kurang lebih 1 jam, hasilnya menunjukkan bahwa ibu H terkonfirmasi positif Covid-19," katanya.

Karena ibu H terkonfirmasi Covid-19, maka sesuai protokol kesehatan, beliau harus dipindahkan ke ruang isolasi penanganan virus pandemi tersebut di RSUD dr. M. Haulussy.

"Hingga hari ini, Jumat, 2 Oktober 2020, pukul 10.00 WIT, Alhamdulillah, Puji Tuhan, keadaan Ibu dan janin dalam keadaan baik," terangnya.

Kasrul mengajak semua pihak untuk dapat mendoakan yang terbaik bagi pasien ibu H dan janin dalam kandungannya.

"Mari kita doakan yang terbaik bagi ibu "H" dan janin, agar selalu dalam perlindungan Allah SWT. Dan bagi tim dokter dan tenaga kesehatan juga agar diberikan kekuatan untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien," pintanya.

Baca Juga

error: Content is protected !!