Sekilas Info

Tersangka Korupsi PLTMG Namlea Kembali Ajukan Praperadilan di PN Ambon

satumalukuID/Freepik.com Ilustrasi korupsi

satumalukuID- Setelah Ferry Tanaya dibebaskan karena penetapan tersangkanya dinilai tidak sah oleh hakim Rahmat Selang dalam gugatan praperadilan, kini satu tersangka lagi yaitu Abdul Gafur Laitupa akan melakukan hal serupa.

"Praperadilan jadi. Nomor perkaranya sudah keluar nomor 6/PID PRA/2020/PN.Ambon tanggal 30 September 2020," ungkap Pengacara tersangka, Rosa Tursina Nukuhehe kepada wartawan di Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Kota Ambon, Rabu (30/9/2020).

Rosa mengaku optimis, kliennya juga akan dibebaskan seperti Ferry Tanaya. Bahkan dia mengaku, banyak cela atau kejanggalan yang dialami kliennya dibanding Ferry.

"Kita sih usaha aja, tergantung majelis yang memutusnya. Kita optimis. Ferry menang bukan berarti kita menang juga sih, tapi peluang itu pasti ada. Tidak mungkin kasus yang kronologis yang hampir sama. Kalau ferry kurang terlalu ada cela. Kalau kita sih banyak karena beliau ini berkaitan dengan seorang ASN," katanya.

Menyoal mengenai pernyataan Kepala Kejati Maluku Rorogo Zega, yang mengaku PLN melakukan pembayaran karena perbuatan tersangka, Rosa enggan berpolemik banyak.

"Nanti dibuktikan pada sidang pokok perkara. Kalau kita pernyataan dari beliau (kliennya) tidak terlibat. Bahkan beliau tidak tahu menahu," jelasnya.

Rosa mengaku, setelah selesai dengan PLN terkait proses pengukuran, kliennya tidak tahu lagi. Namun tiba-tiba dirinya dipanggil dan diperiksa sebagai saksi di tahun 2019.

"Beliau ditetapkan tersangka setelah diperiksa dua kali. Pertama di Kantor Kejati Maluku, kedua di kantornya itu kebetulan mereka mau menyita barang bukti sekaligus," jelasnya.

Anehnya, kata dia, kliennya merupakan pegawai BPN, otomatis penyitaan terkait kinerja jabatannya, salinannya harus diterima.

"Dia wajib menerima salinan penyitaan itu. Dan kepala BPN Buru juga mengatakan tidak ada salinan yang diberikan," katanya.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!