Sekilas Info

Miliki Satu Paket Sabu Warga Soya Ambon Divonis Dua Tahun Penjara

Ilustrasi tahanan

satumalukuID- Hendro de Fretes, warga Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon, Kota Ambon, Rabu (30/9/2020).

Pemuda 33 tahun ini terbukti menguasai dan menggunakan narkotika jenis sabu-sabu sebanyak satu paket. Dia akhirnya divonis penjara selama dua tahun.

"Terdakwa terbukti melakukan tindak pidana narkotika sebagaimana diatur dan diancam pasal 127 ayat (1) huruf a UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika," baca hakim ketua Yanti Wattimury dalam amar putusannya.

Menurutnya dalam sidang yang berlangsung secara virtual ini, perbuatan terdakwa telah melanggar hukum. Dia juga tidak mendukung program pemerintah dalam upaya pemberantasan narkotila dikalangan masyarakat.

"Menyatakan satu paket narkotik jenis sabu yang dikemas menggunakan plastik klem bening ukuran kecil, yang kemudian dibungkus kertas timah rokok dan dibalut dengan menggunakan lakban bening dan dimasukan dalam doa rokok surya 16 dirampas untuk dimusnakan," putusnya.

Terdakwa Hendro divonis lebih ringan dari tuntutan Jaksa, Agustina Ubleuw. Sebelumnya jaksa menuntutnya selama tiga tahun penjara.

Perbuatan terdakwa terungkap tepat di lorong samping Kampus Poltek Negeri Ambon pada 11 Mei 2020. Dia saat itu sedang mengenderai sepeda motor jenis revo. Terdakwa kemudian dicegat tim Ditresnarkoba Polda Maluku.

Saat dicegat, tim kemudian mengeluarkan surat perintah tugas, dan langsung menangkap terdakwa. Terdakwa yang tanpa perlawanan langsung mengeluarkan dos rokok surya yang didalamnya terdapat satu paket narkotika jenis sabu.

Terdakwa sendiri sudah diintai oleh polisi atas informasi yang diterima dari informan sejak 10 Mei 2020. Kabarnya ada peredaran narkotika di Wailela, Kecamatan Teluk Ambon.

Atas informasi itu, penyelidikan kemudian dilakukan hingga berujung terungkapnya terdakwa sebagai pelaku. Dia kemudian ditangkap.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!