Sekilas Info

Polres Malteng Tetapkan Delapan Tersangka Korupsi Dana Desa Pasanea, Karlutukara dan Gale-gale

satumalukuID/Freepik.com Ilustrasi korupsi

satumalukuID- Setahun lebih, penyelidikan kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) Pasanea, Karlutukara dan Gale-gale, Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah, akhirnya menjerat delapan orang tersangka.

Delapan tersangka yang ditetapkan oleh penyidik Satreskrim Polres Maluku Tengah ini diantaranya AW dan IM dari Pasanea, MA, HA dan HR dari Karlutukara, serta  SW, M, dan SA dari Gale-Gale.

Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi, mengatakan, kasus dugaan tindak pidana korupsi DD pada tiga Negeri itu diselidiki sejak awal tahun 2019.

Dia mengatakan, hasil penyelidikan dan penyidikan secara formil dan materil telah ditemukan adanya perbuatan melawan hukum. Ini terkait pengelolaan DD tiga Negeri itu tahun anggaran 2015 dan 2016.

"Kasus itu merugikan keuangan negara, sehingga mereka yang tadinya sebagai terlapor dan juga saksi, kami tetapkan sebagai tersangka," kata Rositah, Selasa (29/9/2020).

Rositah menyebutkan, tersangka kasus DD Pasanea yaitu AW dan IM berdasarkan audit investigasi BPKP telah menyebabkan kerugian negara sebesar Rp.255.910.344.

Sementara DD Karlutukara yakni ME, HA dan HR berdasarkan perhitungan kerugian negara sebesar Rp.215.703.215. Sedangkan SW, M, dan SA tersangka DD Gale-gale menyebabkan kerugian negara sebesar Rp.268.574.993.

Kedelapan tersangka tersebut, dalam waktu dekat akan kembali diperiksa sebagai tersangka. Selanjutnya, pihaknya akan melimpahkan berkas perkara ke Kejaksaan Negeri Maluku Tengah.

"Kita sudah persiapkan, dalam waktu dekat akan kami panggil mereka untuk diperiksa dalam status sebagai tersangka," tandasnya.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!