Sekilas Info

LAWAN COVID 19

Ambon Turun ke Zona Oranye, PSBB Transisi tahap VI dan Operasi Yustisi Tetap Dijalankan

satumalukuID- Status Kota Ambon yang sebelumnya berada di zona merah, terhitung hari ini Jumat (25/9/2020) turun ke zona orange. Namun demikian, PSBB Transisi tahap VI akan terus berlangsung pada Minggu (27/9/2020) mendatang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengaku, perubahan status ke warna orange ini berkat dukungan seluruh dari masyarakat.

"Setelah dilakukan evaluasi maka skoring kita untuk Covid-19 di Kota Ambon dari awalnya 1,47, naik ke 1,7 dan saat ini skoring kita 1,91. Sehingga hari ini kita sudah masuk di zona orange," kata Joy kepada wartawan di Ambon.

Pihaknya, lanjut Joy, akan terus berupaya untuk terus menurunkan status Kota Ambon dari zona orange ke zona kuning. Caranya adalah pelaksanaan PSBB Transisi tetap dilaksanakan dan operasi Yustisi tetap dilakukan.

"Kita berharap masyarakat Kota Ambon tetap patuh dan taat terhadap protokol kesehatan, khususnya melaksanakan 4M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan juga menghindari kerumunan," pintanya.

Menurutnya, penegakan aturan penerapan protokol kesehatan akan terus dilakukan hingga Kota Manise ini terbebas dari Covid-19 merupakan komitmen gugus tugas selama ini.

"Kami berharap masyarakat kota Ambon dapat mendukung gugus tugas untuk menjalankan tugas ini ke depan," terangnya.

Joy mengakui, terdapat tiga hal yang menjadi faktor penetapan skoring zonasi. Pertama angka penularan, kedua tingkat kesembuhan dan angka kematian.

"Kita tahu ada beberapa kasus kematian kita kemarin, namun tingkat kesembuhan kita sangat tinggi, walaupun ada tingkat konfirmasi sedikit naik," tandasnya.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!