Sekilas Info

Selama Masa Pandemi Aktivitas Masyarakat Kota Ambon di Kantor Pegadaian Meningkat 20 Persen

satumalukuID - Masa pandemi Covid-19 cukup mengganggu tingkat perekonomian masyarakat Kota Ambon. Hal Ini ditandai dengan meningkatnya aktivitas masyarakat di kantor Pegadaian Cabang Ambon.

"Produk gadai memang meningkat, karena rata-rata dari nasabah yang ada di daerah ini usaha mereka mengalami penurunan akibat dampak dari pandemi COVID-19," kata Deputi Bisnis Kantor Pegadaian Maluku, Tomy Djoko Tri Raharjo, di Ambon, Selasa (22/9/2020).

Dia menjelaskan, aktivitas nasabah di Kantor Pegadaian Cabang Ambon mengalami peningkatan 20 persen bila dibandingkan dengan sebelum terjadi pandemi COVID-19. Sekarang ini, karyawan di Kantor Pegadaian Cabang Ambon disibukkan dengan kegiatan melayani dua produk pegadaian, yakni Kredit Cepat Aman (KCA) dan Kredit Cepat Aman Usaha Mikro Kecil (KCA UMI) yang sudah berlangsung sejak tanggal 1 September dan akan berakhir pada 31 Desember 2020.

"Program KCA sudah lama ada di Pegadaian Ambon dengan ketentuan ada barang yang diagunkan, kemudian ada program usaha mikro kecil dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maka dijadikan satu menjadi KCA UMI," ujarnya.

Setiap nasabah KCA UMI berhak untuk pinjaman modal mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta, dengan syarat memiliki usaha.

Tomy mengatakan, program itu mendapat perhatian dari para nasabah, sebab ada potongan sebesar Rp25.000 yang nantinya dilakukan selama empat bulan sebelum setoran pelunasan selesai, namun tidak dalam bentuk uang tetapi bisa saja dalam bentuk pulsa HP atau pulsa listrik.

Dia menambahkan, nasabah yang mengikuti program KCA UMI terhitung sejak tanggal 1 September hingga hari Senin tanggal 21 September sudah mencapai 10.000 orang nasabah dengan dana yang sudah dikucurkan mencapai Rp3 miliar.

Penulis: Shariva Alaidrus
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!