Sekilas Info

Balai Arkeologi Nasional Dukung Revitalisasi Benteng Victoria

satumalukuID/Chen Toisutta Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy

satumalukuID - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, mengungkapkan jika pihaknya telah mendapatkan berbagai dukungan dalam rangka revitalisasi Benteng Victoria, salah satunya dari Balai Arkeologi Nasional.

"Agenda pertemuan dengan Kepala Pusat (Kapus) Penelitian Arkeologi Nasional ini merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan-kegiatan pemerintah Kota dan tim langsung dari Ambon dalam rangka mengupayakan penyerahan kembali Benteng Victoria sebagai salah satu aset cagar budaya, yang telah ditetapkan Menteri Pendidikan sejak tahun 2012," jelas Richard usai bertemu Kapus Penelitian Arkeologi Nasional di Jakarta, Rabu (23/09/2020).

Wali Kota Richard menuturkan, bahwa Pemkot Ambon dan DPRD Kota Ambon telah melakukan pendekatan dengan berbagai pihak terutama Pemerintah Provinsi Maluku, DPRD Maluku, dan telah mendapat dukungan penuh.

"Dari dukungan-dukungan tersebut, kami mulai melakukan pendekatan dengan petinggi-petinggi negara yang mempunyai kaitan dengan penanganan dan pengelolaan benteng ini. Sebab masih ditempati TNI, maka kita harus mendapat dukungan pertama dari Kepala Staff Angkatan Darat (KASAD). Beliau memberikan dukungan yang luar biasa dan minta dipercepat," jelasnya.

Dia menambahkan, sebelumnya Pemkot dan tim telah menemui Komisi I dan III DPR RI, Kepala Bappenas, Dirjen Kebudayaan, Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan yang terakhir dengan Kepala Staff Kepresidenan.

" Setelah rangkaian pertemuan tersebut, Pak Moeldoko akan mengundang kementerian yang ada substansinya dengan revitalisasi Benteng Victoria," tandasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!