Sekilas Info

JALUR REMPAH DUNIA

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Berencana Bikin Kegiatan Besar di Banda

satumalukuID/Embong Salampessy Kapal layar Arka Kinari yang membawa misi integrasi budaya dan pelestarian alam, dengan menelusuri Jalur Rempah Dunia, dipandu perahu adat kora-kora, masuk di Teluk Banda Neira, Sabtu (19/9/2020).

satumalukuID - Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid menyebutkan, pihak berencana membuat satu kegiatan besar di Banda Neira, Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

"Saya sudah bicara dengan teman-teman di Banda. Tetapi belum sempat dimatangkan karena masih dihantam wabah Covid-19, dan anggaran berubah terus. Namun segera settle, pertengahan Oktober sudah ketuk palu sehingga kita lebih leluasa," ungkap Hilmar saat dihubungi satumalukuID, melalui telepon seluler dari Banda Neira, Minggu (20/9/2020).

Kegiatan besar yang dimaksud Hilmar ini, yaitu terkait Program Jalur Rempah Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud) Kemendikbud RI.

"Saya sebenarnya berencana dari kemarin-kemarin mau ke Banda dan berkantor di sana selama seminggu.
Tetapi karena Covid, jadi tertunda dulu. Namun Ketua Komite Jalur Rempah (Ananto Kusuma Seta), sudah kesana dua minggu lalu," ungkap Hilmar.

Menyinggung soal Program Jalur Rempah, Hilmar katakan, ini adalah sebuah program rekonstruksi budaya yang membentuk budaya bahari di Nusantara, menuju pengakuan sebagai Warisan Dunia dari UNESCO.

Program Jalur Rempah ini, lanjut dia, mengangkat Outstanding Universal Value dan Diplomasi Budaya, dimana rekonstruksi hubungan antar budaya, masyarakat dan peradabannya akan memperlihatkan ketersambungan satu dengan lainnya.

Salah satu kegiatan dalam rekonstruksi ini, kata Hilmar, adalah napak tilas dengan melakukan pelayaran membawa misi budaya.

Dia berharap program ini dapat menjadi dokumentasi yang akan menjadi pembelajaran untuk menyiapkan kegiatan Pelayaran Budaya yang lebih besar di titik dan simpul Jalur rempah dalam dan luar negeri, yang rencananya akan dimulai pada tahun 2021.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!