Sekilas Info

Gubernur Bersyukur Selama Beberapa Tahun Terakhir Maluku Semakin Kondusif

satumalukuID/Humas Pemprov Maluku Guernur Maluku Murad Ismail

satumalukuID- Gubernur Maluku Murad Ismail mengaku bersyukur, kondisi dan stabilitas keamanan di daerah yang dipimpinnya dalam beberapa tahun terakhir semakin kondusif.

Hal itu terbukti dari penyelenggaraan sejumlah agenda baik lokal maupun nasional di Maluku kerap berjalan sukses, tanpa gangguan keamanan yang berarti.

"Kesuksesan berbagai agenda tersebut tentu didukung oleh peran Polda Maluku dan dibantu jajaran TNI serta pihak pihak terkait lainnya yang telah bekerja ekstra keras dalam menciptakan kondisi keamanan dan rasa nyaman di masyarakat," ungkap Gubernur Murad di Ambon, Jumat (18/9/2020).

Meski begitu, mantan Dankor Brimob Polri ini mengaku beberapa tahun ke depan akan diperhadapkan dengan dinamika sosial, politik yang dinamis dan cepat berubah. Juga banyak tantangan pembangunan yang semakin kompleks.

"Dengan demikian peran Kepolisian Daerah Maluku yang profesional dan kuat akan sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan pembangunan di masa depan," jelasnya.

Dia mengaku Maluku dikenal sebagai Provinsi Kepulauan. Luas wilayahnya 712.498 km persegi. Ini terdiri dari lautan 92,4% yaitu 658.313 km persegi dan daratannya hanya 7,6% atau seluas 54.185 km persegi.

Selain itu, lanjut Murad, Maluku memiliki jumlah Pulau 1.340. Ribuan Pulau ini tersebar hingga perbatasan negara tetangga seperti Australia, dan Timor Leste. Maka sudah selayaknya Maluku harus memiliki kepolisian yang kuat, profesional dan berwibawa.

"Kita harus memastikan bahwa masyarakat yang menghuni Pulau-Pulau terkecil diberbagai daerah, dipelosok Maluku dapat merasakan pelayanan serta selalu mendapat jaminan keamanan dan ketertiban," harapnya.

Jenderal Bintang Dua Purnawirawan Polri ini mengaku, Pemerintah Daerah akan selalu mensuport semua langkah yang ditempuh kepolisian mengenai peningkatan pengawasan pembangunan, penegakan hukum serta menjaga keamanan dan ketertiban.

"Kita akan suport sesuai dengan kewenangan yang dimiliki Pemerintah Daerah," sebutnya.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!