Sekilas Info

Besok Kajati Rilis Buronan Tiga Tahun Kasus Lahan Bank Maluku – Malut

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Pelarian Heintje Abraham Toisutta, buronan kasus dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang (TPPU) pembelian lahan dan bangunan untuk pembukaan kantor cabang Bank Maluku dan Maluku - Utara (Malut) di Surabaya, Jawa Timur, akhirnya berakhir.

Kurang lebih tiga tahun sudah, Heintje dicari tim tangkap burunan (Tabur) Kejaksaan Agung. Dia akhirnya ditangkap saat berada di Kawasan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2020) pukul 19.20 WIT.

"Benar, itu sudah ada rilis dari pusat. Ini saya akan cek, rencananya tiba di Ambon besok (Kamis, 17/9/2020). Nanti aja besok baru rilis oleh Kajati," kata Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette, saat ditemui satumaluku.id di ruang kerjanya, Rabu (16/9/2020).

Untuk diketahui, Heintje merupakan direktur utama CV Harvest yang menangani pembelian lahan dan bangunan bagi pembukaan Kantor Cabang Bank Maluku dan Maluku Utara di Surabaya tahun 2014. Perkara itu merugikan negara Rp 7,6 miliar.

Heintje sendiri dihukum 12 tahun penjara, membayar denda Rp 800 juta subsider tujuh bulan kurungan serta membayar uang pengganti Rp 7,2 miliar subsider 4 tahun penjara.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!