Sekilas Info

Ratusan Personel Brimob Polda Maluku Kembali Dikirim Bertugas ke Timika Papua

satumalukuID/Humas Polda Maluku Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar (kiri) memberikan semangat kepada personel Brimob yang akan dikirim ke Papua.

satumalukuID- Satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau 100 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) Brimob Polda Maluku akan kembali dikirim ke Timika, Papua.

Ratusan tim elit Polri dari Maluku ini akan full membackup Polres Timika, Polda Papua dari teror Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) alias OPM.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Guntur, dalam laporannya di hadapan Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar, mengaku 100 personil telah siap menjalankan tugas di Timika.

Ratusan personel yang akan dikirim ini merupakan gabungan dari anggota pilihan di seluruh Kompi Brimob yang ada di Provinsi Maluku.

Satu SSK Brimob Polda Maluku ini terdiri dari Kota Ambon, Masohi-Maluku Tengah atau Batalyon B sebanyak 1 pleton, Kepulauan Tanimbar Kompi 3C dan Aru masing-masing berjumlah satu regu.

"Untuk cadangan ataupun power on hymne kami juga telah mempersiapkan 100 orang. Dan Untuk mengantisipasi dalam rangka pelaksanaan Pilkada juga kami sudah siapkan cadangan 2 SSK untuk khusus di kota Ambon saja, 2 SSK juga di luar dari Ambon," jelasnya.

Menurutnya, anggota yang akan melaksanakan penugasan, sesuai informasi dari Karo Ops Polda Papua ataupun Kepala Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan), saat kegiatan analisa daerah operasi kemarin, akan ditempatkan di wilayah Polres Timika.

“Jadi 100 personil kita ini full akan mem-backup Polres Timika,” terangnya.

Dia mengungkapkan, BKO Brimob Polda Maluku yang ditugaskan di Timika, menggantikan Satuan Brimob Polda Kalimantan Tengah yang akan berakhir pada 15 September 2020.

“Sehingga tanggal 15 September jam 09.00 WIT, Personil Brimob Polda Maluku akan berangkat dengan menggunakan pesawat Lion charter langsung ke Timika," jelasnya.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!