Sekilas Info

Gubernur Murad Janji Berangkatkan Umrah Anak Yatim yang Khatam Al-qur’an 30 Juz

satumalukuID/Istimewa Gubernur Maluku Murad Ismail (kanan).

satumalukuID- Gubernur Maluku Murad Ismail, menggelar syukuran perayaan hari ulang tahunnya bersama ratusan anak yatim piatu dan kaum duafa yang diundang di rumah pribadinya, kawasan Poka, Kota Ambon, Jumat (11/9/2020).

Selain merayakan hari lahir bersama anak yatim dari panti asuhan Al-Anshor, Al-Khairat, Al-Madinah, Al-Ishaqa dan Qurani Center, Murad juga membagikan santunan sebanyak 200 paket kepada mereka.

Orang nomor 1 di Provinsi Maluku itu, hari ini tepat berusia 59 tahun. Dia lahir di kawasan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, pada 11 September 1961 silam.

Dalam kegiatan tatap muka yang penuh keakraban tersebut, Gubernur Murad memberikan semangat kepada anak-anak. Dia meminta mereka agar rajin mengkhatamkan Al-qur'an.

Bahkan, mantan Dankor Brimob Polri ini berjanji kepada ratusan anak yatim piatu tersebut akan dihadiahi ibadah umroh ke Arab Saudi jika berhasil menghatamkan Alquran.

"Ada yang sudah Khatam 30 juz? Saya akan kasih umrah tahun 2021," kata Murad.

Dia mengaku tulus membiayai anak-anak yang telah menghatamkan Al-qur'an demi pengembangan anak-anak yang berada di panti asuhan.

"Yang sudah khatam Al-qur'an 30 jus, sampaikan kepada saya. Saya akan biayai secara pribadi paket umrahnya," janjinya lagi.

Selain itu, Jenderal Bintang 2 Purnawirawan Polri ini berharap ke depan, Pemerintah Provinsi Maluku dapat memprogramkan perjalanan paket ibadah Umrah bagi Hafidz atau penghafal Al-qur'an.

"Andai program tersebut tersedia di tahun depan, pemerintah akan memberikan perjalanan paket ibadah Umrah kepada Hafidz Quran," sebutnya.

Murad menegaskan, selama dirinya masih menjabat Gubernur Maluku, maka anak-anak yatim piatu memiliki kesempatan menjalankan ibadah Umrah hingga tahun 2024 mendatang. Syaratnya dapat menyelesaikan bacaan Al-qur'an.

"Selama saya di Maluku, masih ada waktu sampai tahun 2024. Jadi kalau belum ada yang khatam, bisa berlomba-lomba untuk bisa memgkhatamkan Al-qur'an," imbaunya.

Mantan Kapolda Maluku ini mengaku, dari seluruh anak yatim pada lima yayasan penerima santunan yang hadir saat ini, masing-masing sebanyak dua orang, akan memperoleh paket ibadah Umrah di tahun 2021.

"Kakanwil sudah menyampaikan kemungkinan di tahun 2021 kita sudah bisa Umrah. Sehingga dari lima yayasan ini, masing-masing dua akan saya berikan paket Umrah," tandas Murad.

Turut hadir dalam acara syukuran Hari Ulang Tahun Gubernur, dan pemberian santunan tersebut, diantaranya Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Djamaludin Bugis, Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang dan para pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!