Sekilas Info

PILKADA 2020

11 Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Empat Daerah di Maluku Non Reaktif

satumalukuID/Chen Toisuta Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun.

satumalukuID- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, mengaku, hingga saat ini pemeriksaan kesehatan terhadap 11 bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati dari empat wilayah di Maluku masih berlangsung.

Namun dirinya sudah memastikan jika 11 bapaslon bupati dan wakil bupati yang antara lain berasal dari Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru, Seram Bagian Timur dan Buru Selatan itu, tidak positif Covid-19 atau non reaktif.

"Untuk tes kesehatan masih berlangsung. Hari ini ada dua bapaslon dari Seram Bagian Timur dan Buru Selatan," kata Syamsul kepada wartawan usai kegiatan Operasi Yustisi Penggunaan Masker dan Pilkada 2020 yang aman, damai dan sehat di Tribun Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Kamis. (10/9/2020).

Sebelum melakukan pemeriksaan, Syamsul mengaku 11 bapaslon terlebih dahulu melakukan Rapid Test Cepat Molekuler.

"Sampai saat ini semuanya hasilnya non reaktif," terang Syamsul.

Dia menyebutkan, dalam pemeriksaan awal Covid-19 tersebut, menemukan ada yang reaktif, maka bakal calon itu akan menjalani swab test.

"Kalau hasilnya positif maka dihentikan proses pemeriksaan kesehatannya. Dia akan dikarantina 20 hari, kemudian dilakukan swab ulang," jelasnya.

Setelah balon tersebut melewati tahapan penetapan lantaran masih tertular korona virus, Syamsul katakan berkasnya tetap diverifikasi.

"Kemudian kalau dia melewati masa pengundian dan dinyatakan sudah sembuh maka dia langsung dengan nomor urut berikutnya. Itu sesuai dengan peraturan kita," ungkapnya.

Sejauh ini, tambah Syamsul, dari 11 bapaslon yang mendaftar, bapaslon dari Kabupaten Seram Bagian Timur dan Buru Selatan, sampai hari ini masih menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Yang masih melakukan proses kesehatan sampai hari ini terakhir adalah Seram Bagian Timur dan Buru Selatan," tandasnya.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun. (Chen Toisuta)

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!