Sekilas Info

MENGENANG LEGEND

Yopie Latul, Legenda Musik Penembang “Enggo Lari” dan “Kembalikan Bali Ku” Telah Pergi

satumalukuID - Yopie Latul, penyanyi senior Indonesia asal Ambon Maluku telah meninggal dunia di RS Sentra Medika Cibinong Jawa Barat katena sakit pada pukul 15.35 WIB, Rabu (9/9/2020). Banyak orang yang morass sangat kehilangan dengan kepergian salah satu legenda musik Indonesia ini.

Yopie Latul berkarier di dunia musik sejak 1982. Almarhum awalnya dikenal sebagai penyanyi bergenre pop jazz. Ia mulai dikenal masyarakat setelah merilis singelnya yang bertajuk "Ayun Langkahmu" ciptaan Elfa Secioria dan Wieke Gur pada tahun 1986.

Selain itu, Yopie juga dikenal berkat lagu "Kembalikan Baliku" ciptaan Guruh Soekarnoputra, yang ia bawakan pada Festival Lagu Populer Indonesia 1987 bersama paduan suara Swara Mahardhika.

Pada medio 1980 an juga album "Ambon Jazz Rock' nya dengan lagu andalan "Enggo Lari" ciptaan Georgie Lewakabessy meledak di pasaran dan menguasai tangga lagu Indonesia. Bahkan lagu tersebut terkenal di negara-negara ASEAN dan Jepang.

Album dan lagu tersebut melambungkan nama Yopie Latul dan dikenal dimana-mana. Ia lantas tenar sebagai penyanyi aliran pop jazz dengan lengkingan suara dan improvisasinya.

Belakangan Yopie Latul dikenal juga suka menyanyi jenis musik dansa gembira, musik house, pop etnik, funk/soul

Yopie juga terkenal karena mempopulerkan lagu etnik bergenre musik house "Poco-Poco" (1995) ciptaan Arie Saoulete, yang hingga saat ini digunakan sebagai lagu senam. Lagu tersebut menghantarkannya menerima piala Anugerah Musik Indonesia 2001 dalam kategori Penyanyi Disco/House Music/Rap/Dance Music Terbaik.

Selain lagu Poco Poco. Yopie juga sempat mempopulerkan lagu Tobelo dan My Africa dan seabrek tembang lainnya.

Di masa jaya, Yopie Latul juga dikenal luas dalam grup penyanyi 7 Bintang yang beraliran musik pop kreatif pada tahun 1988. Yang beranggotakan Yopie Latul, Malida, Dian Pramana Poetra, Deddy Dhukun, Mus Mujipno, Trie Utami dan Atiek CB. Lagu mereka saat itu berjudul "Jalan Masih Panjang" terkenal luas.

Yopie Latul lahir di Ambon Maluku pada 7 September 1955. Yopie meninggalkan istri dan dua anak. Istnya Emma Tahapary adalah mantan sprinter atau pelari cepat Indonesia yang pernah memegang beberapa rekor nasional, juara SEA Games dan ikut Olimpiade 1994.

Selamat jalan bung Yopie. Pengabdian dan karyamu di dunia musik Indonesia akan dikenang sepanjang masa.
Beristirahatlah dengan tenang. Tuhan yang bung imani menyertaimu. (NP)

Baca Juga

error: Content is protected !!