Sekilas Info

KM. Usaha Baru Ditemukan di Banda Eli, Empat ABK Selamat

satumalukuID/Basarnas Ambon

satumalukuID- Sempat dikabarkan mengalami mati mesin, KM Usaha Baru, akhirnya ditemukan di Desa Banda Eli, Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu (9/9/2020). Empat Anak Buah Kapal (ABK) tersebut selamat.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon, Djunaidi, mengungkapkan, penemuan kapal dengan selamat diketahui dari nahkoda kapal tersebut.

"Kami terima info tadi pukul 16.05 WIT, dari bapak Udu, Kep Kapal, bahwa mereka telah tiba dengan selamat di Desa Banda Eli pada posisi 5°25'20.07"S - 133°9'15.31"E," kata Djunaidi.

Rencananya, lanjut Djunaidi, kapal dengan panjang 10 meter ini akan melakukan perbaikan mesin di perairan Desa Banda Eli.

Dengan ditemukannya kapal bersama ABK dengan selamat, Team Rescue Pos SAR Tual beserta unsur Potensi SAR menggunakan KN SAR Bharata kembali dan tiba di pelabuhan perikanan Tual, sekira pukul 16.30 WIT.

"Karena korban sudah ditemukan dalam keadaan selamat maka operasi SAR dinyatakan selesai dan diajukan permohonan untuk ditutup. Kepada unsur SAR yang terlibat diucapkan terima kasih," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, tim SAR Pos Tual kini dikerahkan mencari KM. Usaha Baru yang dikabarkan mengalami mati mesin di perairan Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu (9/9/2020).

Kapal yang berangkat dari Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, hendak ke Kota Tual mencari telur ikan ini berpenumpang empat orang. Mereka adalah Udu (30), Nawir (37), Supardi (40) dan Sukara (39).

"Benar. Kami terima info tadi pukul 11.20 WIT, bahwa pada 08.00 WIT , KM. Usaha Baru mengalami mati mesin," kata Djunaidi.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!