Sekilas Info

Sempat Hilang, Nelayan yang Tenggelam di Laut Banda Ditemukan Selamat

satumalukuID/Basarnas Ambon Nelayan (tengah) yang sempat tenggelam, berhasil selamat dan ditolong Tim SAR.

satumalukuID- Rizky Wanto, seorang nelayan, korban long boat tenggelam di laut Banda akhirnya ditemukan dengan selamat, Selasa (8/9/2020) malam.

Pemuda 20 tahun ini sempat hilang setelah dua rekannya yaitu Ari Gani (23) dan Nur Sahidin (30), ditemukan selamat oleh KM. Ngapulu yang kebetulan melintas lokasi kecelakaan.

Kepala Basarnas Ambon, Djunaidi, mengungkapkan, Rizky ditemukan oleh warga Pulau Pisang, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Mendapat kabar itu, Team Rescue Pos SAR Banda menggunkan kapal karet (RIB) menuju Pulau Pisang yang tak jauh dari Pulau Banda Naira.

"Pada puku 20.50 WIT, Team Rescue Pos SAR Banda dari Pulau Pisang tiba di Dermaga Banda Naira bersama korban," kata Djunaidi.

Menurutnya, dengan ditemukannya korban dengan selamat, maka operasi pencarian dinyatakan selesai dan diajukan permohonan untuk ditutup.

"Kepada unsur SAR yang terlibat kami ucapkan terima kasih," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, satu unit long boat berpenumpang tiga orang nelayan tenggelam di laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (8/9/2020) sekira pukul 16.37 WIT.

Kecelakaan laut itu menyebabkan seorang nelayan hingga saat ini belum ditemukan. Sementara dua lainnya diselamatkan oleh KM. Ngapulu yang kebetulan melintas.

Kepala Basarnas Ambon, Djunaidi, mengungkapkan, pihaknya mendapat kabar yang membahayakan nyawa manusia di laut ini dari Kapten KM. Ngapulu sekira pukul 17.17 WIT.

Kala itu kapal melihat dua orang nelayan sedang berenang sambil meminta bantuan. Melihat hal itu, Kapten KM. Ngapulu kemudian putar balik 360 derajat untuk menolong dua nelayan itu.

"Setelah menolong dua nelayan, KM. Ngapulu meminta bantuan SAR karena ada sati korban lagi yang belum ditemukan," terangnya.

Menurutnya, dua korban yang berhasil diselamatkan KM. Ngapulu adalah Ari Gani (23) dan Nur Sahidin (30). Sementara yang masih dicari yaitu Rizky Wanto (20).

"Tiga nelayan ini mencari ikan tuna di laut banda. Dan sampai saat ini, operasi pencarian terhadap satu nelayan hilang masih nihil," tandasnya.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!