Sekilas Info

LAWAN COVID 19

Wali Kota: Jang Topu Dada Bilang Beta Ambon, Kalau Seng Pake Masker

satumalukuID/Chen Toisuta Upulatu/Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat memberikan sambutan pada upacara perayaan HUT ke-445 Kota Ambon, di Lapangan Letkol CHR Tahapary Kota Ambon, Senin (7/9/2020).

satumalukuID - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyebutkan, tema perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-445 Kota Ambon, yang jatuh pada hari ini, Senin (7/9/2020), adalah “Ambon Sehat”, tidak hanya sebagai tema tapi juga doa.

Saat birbicara pada upacara peringatan HUT ke-445 Kota Ambon, Richard menuturkan, tema tersebut adalah perkataan iman bahwa Pemerintah Kota Ambon dan semua rakyat percaya bahwa Tuhan senantiasa membesarkan, menjaga dan melindungi Ambon.

“Waktu Pemerintah dan semua masyarakat percaya bahwa Ambon sehat, maka Tuhan akan menunjukkan kuasa-Nya. Ambon sehat juga adalah salah satu rencana Pemerintah Kota dalam program utamanya,” terangnya.

Oleh karena itu, Richard mengaku percaya terhadap siapa saja, baik pemerintah, dewan kota, tentara, polisi, guru agama, tokoh masyarakat, pengusaha, pegawai, karyawan swasta, sopir, tukang becak, tukang ojek, anak sekolah maupun ibu-ibu di pasar, bahkan semua masyarakat Kota Ambon pasti ingin pandemi covid-19 cepat selesai.

Itu sebabnya Richrad mengingatkan jang topu (jangan tepuk) dada lalu dengan bangga bilang beta Ambon, kalau seng (tidak) pake (pakai) masker, seng cuci tangan tarus menerus, seng jaga jarak dan masih suka bakumpul (berkumpul) rame-rame untuk carita kewel (berbicara tanpa arah yang jelas).

"Mari jaga katong pung diri masing-masing supaya tetap sehat, keluarga sehat, lingkungan sehat, kampung sehat, dan Ambon sehat,” imbaunya.

Mantan anggota Ketua DPRD Maluku ini mengatakan, keinginan pandemi covid-19 cepat selesai saja tidak cukup. Semua harus baku bantu agar keinginan tersebut menjadi nyata. Caranya, harus merubah kebiasaan yang tidak baik untuk menyesuaikan dengan apa yang sedang terjadi.

Dia mengungkapkan, Ambon sehat bisa terjadi jika semua elemen masyarakat senantiasa menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun terus menerus, jaga jarak aman dengan orang lain dan hindari kerumunan orang.

Penulis: Chen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!