Sekilas Info

LAWAN COVID 19

Sekda Mengaku Ada Orang Tanpa Gejala Covid-19 di Kantor Gubenur Maluku

satumalukuID/Ian Toisutta Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang (tengah).

satumalukuID- Kantor Gubernur Maluku sejak hari ini hingga Minggu (6/9/2020) mendatang ditutup agar dilakukan sterilisasi dengan cairan disinfektan. Sebab, diduga Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 sudah ada di kantor tersebut.

“OTG saat ini sudah ada di Kantor Gubernur. Bayangkan, kalau kita tidak melakukan swab dan tidak mengetahui diri kita positif, kemudian mondar-mandir dan kembali ke ruang kerja. Itu artinya penyebarannya lebih besar lagi. Ini yang kita putus mata rantai,” kata Sekda Maluku Kasrul Selang, Jumat (4/9/2020).

Untuk mengetahui OTG, Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Maluku ini mengajak seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) agar bisa berpartisipasi dalam melakukan swab test.

"Mari kita ambil peran ini sebagai upaya melindungi keluarga, rekan kerja dan masyarakat, maka kita harus melakukan swab," pintanya.

Swab test, kata dia dilakukan untuk memastikan ASN harus sehat. Sebab, jika tidak, tentunya bisa menyebarkan virus kepada keluarga, rekan kerja bahkan kepada masyarakat.

“Kita ini kan melakukan pelayanan kepada masyarakat, jangan sampai kita menularkan ke yang lain,” harapnya.

Dia menjelaskan, saat swab test dilakukan sejak 28 Agustus 2020 lalu, ternyata positif ratenya bisa mencapai 20 sampai dengan 25 persen.

"Jadi, kalau ada 200 orang yang di swab, ternyata bisa 20 orang yang positif," kata mantan Kadis PUPR Provinsi Maluku ini.

Di sisi lain, kenaikan kasus terkonfirmasi harian sangat siginifikan sejak diaktifkannya perkantoran, baik pemerintah maupun swasta.

“Ketika sudah beraktifitas, maka potensi orang tertular covid makin besar. Tapi ini tergantung bagaimana kita melindungi diri dengan tetap memakai masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan," imbau Sekda.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!