Sekilas Info

Dua Unit Rumah Warga Desa Batu Merah Ambon Ludes Terbakar

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Dua unit rumah milik Ruslan Kaimudin (38) dan La Djuma (59) yang berada di kompleks Desa Batu Merah, RT 04/RW 017, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, ludes terbakar, Rabu (2/9/2020) siang.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang terjadi sekira pukul 11.15 WIT tersebut. Dugaan sementara, percikan api terjadi akibat hubungan arus pendek (korsleting) pada instalasi listrik di salah satu ruangan rumah Ruslan Kaimudin. Tak ada korban jiwa apalagi luka dalam insiden itu.

Kebakaran diketahui pertama kali Raiman Kaimudin. Pemuda 19 tahun ini kala itu sedang berada di dalam kamar. Dia mencium bau material terbakar yang berasal dari kamar tidur saudarinya Alia Kaimudin (22).

“Saksi Raiman mengaku mencium bau benda terbakar. Saat dicek saksi melihat api sudah membesar dari kamar saudarinya,” kata sumber meniru keterangan saksi kepada satumaluku.id di Mapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Melihat api mulai membesar, Raiman sempat berupaya memadamkannya dengan peralatan seadanya. Naas, upaya Raiman tidak membuahkan hasil. Sebab, material kamar terbuat dari kayu membuat api merembet cepat.

“Kondisi ruangan terbuat dari bahan kayu membuat api menjalar dengan cepat sehingga saksi menyelamatkan diri dengan keluar dari bangunan,” tambahnya.

Senada, Alia Kaimudin, mengaku sebelum terjadinya kebakaran, dirinya memasak nasi menggunakan rice cooker. Dia kemudian meninggalkan kamar dan menuju bak penampungan yang berada di lantai I.

“Tak lama kemudian saksi dikagetkan dengan teriakan saksi I (Raiman) bahwa telah terjadi kebakaran," ungkapnya.

Kebakaran itu cepat merembet membakar rumah tetangga korban. Ini diakibatkan tiupan angin dan rumah korban pertama terbuat dari material mudah terbakar seperti kayu dan papan. Hasilnya, rumah La Duma, juga ikut ludes terbakar.

Kebakaran mampu teratasi setelah empat unit mobil armada pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Ambon dikerahkan ke tempat kejadian perkara (TKP). Sejumlah aparat Polsek Sirimau juga dikerahkan untuk mengamankan lokasi kebakaran. Kurang lebih 1 jam, api berhasil dijinakan pukul 13.00 WIT.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Ipda Izack Leatemia yang dikonfirmasi via selulernya membenarkan kejadian kebakaran tersebut.

“Benar. Untuk saat ini penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam penyelidikan,” katanya singkat.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!