Sekilas Info

Setengah Ton Sopi Disita di Pelabuhan Hunimua Liang Pulau Ambon

satumalukuID/Humas Polresta Ambon

satumalukuID - Sebanyak 500 liter sopi atau setengah ton minuman tradisional asal Maluku disita aparat Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease yang menggelar razia di Pelabuhan Hunimua, Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (1/9/2020).

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang melalui Kasat Narkoba AKP Jufry Jawa, mengaku, razia minuman keras bertujuan untuk menekan peredaran miras ilegal yang menjadi salah satu pemicu kejahatan di wilayah hukum Polresta Ambon.

“Kita semua tahu miras ini kerap menjadi pemicu terjadinya tindak pidana serta gangguan Kamtibmas. Karena itu, kita terus berupaya menekan peredaran miras ilegal untuk mereduksi terjadinya tindak pidana maupun gangguan kamtibmas di wilayah ini,” kata Jufry, kepada wartawan.

Dalam proses razia yang dilakukan, Jufry mengaku setiap kendaraan yang masuk dari dermaga Waipirit, Pulau Seram atau Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) akan dicegat di depan pintu keluar areal pelabuhan.

“Satu persatu kendaraan diperiksa barang bawaan oleh personil. Dan ditemukan 22 karton dan 3 karung yang berisikan minuman keras (sopi) dengan jumlah kurang lebih 500 liter di kendaraan roda 6 berwarna merah dengan nomor polisi DE 7493 AU,” jelasnya.

Berhasil ditemukan, ratusan liter minuman berkadar alkohol tinggi ini kemudian diamankan dan digelandang menuju Polresta Pulau Ambon untuk selanjutnya dimusnahkan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukum Polresta Ambon agar tidak terlibat mengedarkan miras ilegal karena perbuatan itu melanggar hukum. Jika kami temukan, maka pasti akan kami tindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!