Sekilas Info

Ini Agenda Kerja Menteri Kelautan dan Perikanan RI Selama Tiga Hari di Ambon

satumalukuID/Tiara Salampessy Balai Kota Ambon

satumalukuID- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Wibowo rencananya tiba di Kota Ambon, Minggu (30/8/2020). Dia dampingi Ibu Iis Rosita Dewi, akan tiba di Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, besok sekira pukul 10.55 WIT.

Berdasarkan rundown acara yang dibagikan Humas dan Protokoler Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, Sabtu malam (29/8/2020), menyebutkan, kedatangan Menteri Edhy di Ibukota Provinsi Maluku ini untuk melaksanakan sejumlah rangkaian kerja diantaranya meninjau PT Maluku Prima Makmur yang berada di Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon. Di sana ada kegiatan pelepasan Ekspor Fresh Tuna ke Jepang.

Dari Tawiri, rombongan Menteri melanjutkan perjalanan menuju Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) di Waiheru, Kecamatan Baguala. Di sana akan dilakukan panen ikan bobara dan restocking clown fish. Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan dan dialog.

Usai kegiatan, rombongan kembali berjalan kaki untuk melakukan peninjauan di Kantor Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan Ambon yang tak jauh dari BPBL. Setelah itu rombongan menuju Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku.

Di Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku rombongan menteri kembali meninjau Gedung Rektorat dan memberikan paparan proses pembelajaran masa Pendemi Covid 19 serta meninjau rencana pengembangan tambak udang dan penanaman mangrove dan gandaria. Di sana juga mereka akan meninjau dermaga kapal latih dan teaching factory dan selanjutnya menuju Swissbell Hotel untuk beristirahat.

Esok harinya atau Senin (31/8/2020), Menteri Edhy bersama rombongan kembali melakukan agenda lainnya yakni Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku di Kantor Gubernur Maluku.

Setelah menghadiri rangkaian acara tersebut di lantai 7 Kantor Gubernur, rombongan melanjutkan agenda ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Tantui Ambon. Di sana dilakukan peninjauan Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP), CV Nacha, Makmur Jaya, Papalele dan PT Harta Samudera.

Dalam acara itu dirangkaikan dengan penyerahan grand desaign Lumbung Ikan Nasional dari Gubernur kepada Menteri. Selanjutnya dilakukan peninjauan Teluk Ambon menggunakan KM. Siwalima.

Setelah di PPN Ambon, kembali dilanjutkan dengan Webinar bersama Menko Kemaritiman dan Investasi. Setelah itu rombongan kembali ke Swissbell Hotel dan besoknya Selasa (1/9/2020) menuju Bandara Pattimura Ambon untuk terbang ke Jakarta.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!