Sekilas Info

470 Liter Sopi Disita dari Tangan Warga di Kecamatan Waipia dan Elpaputih Maluku Tengah

satumalukuID/Istimewa Minuman keras jenis sopi yang disita aparat kepolisian.

satumalukuID- Kapolres Maluku Tengah AKBP. Rositah Umasugi, memerintahkan seluruh jajarannya untuk intens melakukan razia terhadap peredaran minuman keras (miras) ilegal. Hasilnya, sebanyak 470 liter miras jenis sopi berhasil disita dari tangan warga, Kamis (27/8/2020).

Ratusan liter miras tradisional asal Maluku ini, disita dari tangan warga melalui razia yang dilaksanakan personel Satresnarkoba di kawasan Kecamatan Waipia dan Teluk Elpaputih, Kabupaten Maluku Tengah, siang tadi sekira pukul 11.00 WIT.

Kapolres Maluku Tengah AKBP Rositah Umasugi, mengatakan, perintah razia miras ilegal tersebut tujuannya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya. Sebab, dari data kepolisian, selama ini miras jenis sopi menjadi salah satu pemicu utama dari terganggunya stabilitas Kamtibmas di Provinsi Maluku, khususnya Maluku Tengah.

"Razia sopi tadi dilakukan Satuan Resnarkoba kita, yang dipimpin Kasat Resnarkoba Iptu Andrias Kakisina bersama sejumlah personilnya di dua kawasan berbeda. Hasilnya diamankan miras sebanyak 470 liter," kata Rositah kepada satumaluku.id.

Menurutnya, ratusan sopi yang dikemas dalam berbagai wadah seperti jerigen dan kantong pelastik panjang ini diamankan di rumah-rumah warga. Ada juga berhasil dicegat dalam kendaraan roda empat pribadi seperti pickup dan avanza.

“Miras-miras itu dari rumah warga maupun dari angkutan yang akan dibawa dari dua daerah itu (Waipia dan Elpaputih) ke daerah lain di Maluku Tengah. Miras-miras ini dikemas dalam jerigen berukuran 5 liter, dan jerigen 25 liter, kemudian kertas bening dan dimasukan ke dalam karung," jelasnya.

Orang nomor satu Polri di Kabupaten berjuluk Pamahanu Nusa itu menambahkan, ratusan liter miras yang disita dari tangan warga tersebut kini telah dibawa untuk diamankan di Markas Polres Maluku Tengah. Ratusan minuman berkadar alkohol tinggi dan memabukan itu selanjutnya akan dimusnahkan.

“Untuk identitas produsen dan penjual maupun pemilik dari miras jenis sopi tersebut telah diambil identitasnya, sambil dibina. Miras-miras itu sudah kita amankan ke Mapolres, untuk selanjutnya akan dimusnahkan," terangnya.

Selain melakukan razia miras, mantan Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Maluku ini juga mengaku personel Satresnarkoba sekaligus membagikan masker gratis kepada masyarakat. Pemasangan masker langsung dilakukan kepada warga yang ditemui tidak menggunakan alat pelindung diri tersebut.

“Personil kita juga melakukan sosialisasi imbauan terhadap penerapan protokol kesehatan dalam rangka menuju adaptasi kehidupan baru, termasuk juga membagikan dan memakaikan masker kepada warga yang ditemukan tidak menggunakannya," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!