Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Mahasiswa IAIN Ambon Demo Sambil Joget di Depan Kantor Gubernur Maluku, Ini Lima Tuntutan Mereka

satumalukuID/Ian Toisutta Sekda Maluku Kasrul Selang (tengah) nampak memberikan penjelasan kepada pendemo dari mahasiswa IAIN Ambon di Taman Pattimura, Kota Ambon, Rabu (26/8/2020).

satumalukuID- Puluhan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Gubernur Maluku, atau tepatnya di gerbang Jalan Pattimura, Kota Ambon, Rabu (26/8/2020). Sesekali mereka terlihat berjoget diiringi lagu sebagai aksi protes.

Aksi unjuk rasa dilakukan menyusul sikap sejumlah pejabat daerah yang diduga telah melanggar protokol kesehatan. Para pejabat daerah ini terlihat berjoget saat merayakan HUT ke-75 tahun Provinsi Maluku, di Gedung DPRD Maluku, Kota Ambon, Rabu lalu (19/8/2020).

“Nanti kalau masyarakat biasa buat pelanggaran langsung ditindak. Mobil angkot angkut penumpang lebih dari enam orang ditilang. Tukang becak angkut dua orang ditindak. Kenapa mereka yang berjoget tanpa masker di Gedung DPRD itu tidak diproses?” teriak salah satu orator.

Pendemo menyesalkan sikap aparat keamanan yang tidak berani bertindak tegas kepada para pejabat, pelanggar aturan Percepatan Penanganan Covid-19. Aparat keamanan hanya berani kepada masyarakat biasa, diantaranya sopir angkut, tukang becak dan para pedagang, bahkan mahasiswa.

“Kasus Covid semakin naik, masyarakat disalahkan, katanya tidak disiplin, tidak taat aturan. Ketahuan joget bilang untuk naikan imun tubuh. Jadi mari kita berjoget pak polisi dan satpol Pp,” ajak orator.

Selain intinya mengkritisi sikap sejumlah pejabat daerah yang melanggar aturan sendiri, mahasiswa kampus hijau itu juga menyampaikan beberapa poin penting. Sedikitnya ada lima poin tuntutan yang mereka sampaikan.

“Copot Tim Gustu Maluku, Transparansi Anggaran, Transparansi Data Materil Hasil Tes Swab Pasien Positif Corona, Hentikan Rapid Test dan Berlakukan New Normal,” tuntut mereka.

Aksi yang berlangsung aman tersebut berakhir setelah Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang menemui para pendemo di Taman Pattimura. Kasrul berjanji akan menemui para mahasiswa untuk berdiskusi.

“Rekan-rekan tentukan tempat, mau di kampus atau di kantor Gubernur saya siap diajak berdiskusi,” pinta Kasrul.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!