Sekilas Info

Gubernur Ajak Masyarakat Maluku Maknai Hijrah sebagai Teladan Membangun Kehidupan Bangsa

satumalukuID - Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk memahami dan memaknai hijrah sebagai teladan dalam membangun kehidupan bangsa guna menuju masa depan yang lebih baik.

"Tahun Baru Islam harus dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persaudaraan (ukhuwah Islamiyah), persaudaraan sesama manusia (ukhuwah insaniyah), dan persaudaraan sebagai sesama anak bangsa (ukhuwah wathaniyah)," ungkap Gubernur Murad, dalam sambutannya pada Peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah Tahun 2020, yang dilakukan secara virtual pada kediaman pribadinya, di Ambon, Jumat malam (21/08/2020).

Menurut dia, jika hubungan tersebut dapat diimplemetasikan dengan baik, maka dia percaya masyarakat di Maluku akan menjadi kuat, serta akan terhindar dari perpecahan yang dapat berujung pada konflik.

"Saya mengajak masyarakat Maluku untuk melakukan beberapa hal sebagai bentuk refleksi yakni, berhijrah dari kurang iman dan taqwa menuju peningkatan kekuatan iman dan taqwa kepada Allah SWT," ajaknya.

Dia menambahkan, bentuk refleksi ini agar dapat berhijrah dari kebodohan dan keterbelakangan menuju pengutamaan pendidikan.

"Sebab umat tidak akan pernah bangkit dan maju, jika tidak berhijrah kepada penguatan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Selain itu berhijrah dari perpecahan menuju persatuan, yaitu umat harus sadar bahwa pertolongan Allah akan datang jika ada persatuan," paparnya.

Dia menyebutkan, bahwa perpecahan hanya akan melemahkan mereka yang ingin meraih kemajuan. Oleh sebab itu berhijrah dari malas menuju rajin dan menjadi pekerja keras, yaitu kemajuan yang diawali dengan niat, semangat dan kerja keras.

"Tidak akan ada kemajuan dan kejayaan tanpa kerja keras. Dan di tengah wabah pandemi covid-19 kita perlu memperkuat kesadaraan hidup bersama sesama anak bangsa dengan senantiasa saling peduli, dan bekerjasam dan bersinergi dalam memberantas ancaman covid-19," pesannya.

Dia katakan, perlu juga mematuhi anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Mari jadikan momentum 1 Muharam sebagai upaya kita bersama untuk berhijrah dari kehidupan di masa pandemi covid-19 meuju kehidupan normal," ajak Gubernur Murad.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!