Sekilas Info

Kapolda Resmi Ganti Karo Operasional Polda  dan Tiga Kapolres di Maluku

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, resmi mengganti jabatan Kepala Biro Operasional (Karoops) dan Kapolres Pulau Buru, Maluku Tengah dan Kepulauan Tanimbar.

Empat jabatan utama di jajaran Polda Maluku ini resmi berganti melalui upacara serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin langsung Kapolda Baharudin di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (19/8/2020).

Jabatan Karoops Polda Maluku saat ini diduduki oleh Kombes Pol Antonius Wantri Yulianto yang sebelumya menjabat sebagai Direktur Krimum Polda Maluku. Dia dimutasikan sebagai pejabat sementara Karoops dan Surat Telegram Kapolri pada 3 Agustus 2020 menetapkannya secara Definitif.

Selain Karoops Polda Maluku, terdapat tiga jabatan Kapolres yang ikut diganti hari ini. Adalah Kapolres Pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati resmi diganti oleh AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja yang sebelumnya Komadan Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku. Sementara Ricky Purnama Kertapati dimutasikan sebagai Kabagbinkar Biro SDM Polda Maluku.

Untuk Kapolres Maluku Tengah AKBP Hendrik Purwono, kini diganti AKBP Rositah Umasugi yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Maluku. Hendrik Purwono sendiri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

Sedangkan Kapolres Maluku Tenggara Barat (Tanimbar) AKBP Adolof Bormasa diganti AKBP Romi Agusriansyah yang sebelumnya manjabat Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Maluku. Bormasa sendiri kini menjabat sebagai Kabagwassidik Ditreskrimum Polda Maluku.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar, meminta para Pejabat yang dilantik untuk dapat segera menyesuaikan diri dengan kondisi wilayah yang akan ditempati. Orang nomor satu ini juga menekankan netralitas Polri untuk wilayah yang akan melaksanakan Pilkada serentak seperti di Kabupaten Buru Selatan (Pulau Buru).

“Segera menyesuaikan diri dengan wilayah, sehingga pelayanan dan kondisi keamanan tetap terjaga. Khusus Kapolres Pulau Buru lakukan yang terbaik, tetap terjaga dan harus netral," pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!